Seabad Sleman Diramaikan dengan Gelar Seni Ogoh-Ogoh

Sleman, DIY - Dalam rangka menyemarakkan hari jadi Kabupaten Sleman ke 100, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat akan menghelat gelar seni ogoh-ogoh dengan tema “Fantasi Flora Fauna Hutan Salimar”. Acara ini rencananya akan berlangsung pada Selasa (8/3) mendatang.

Menurut Kepala Disbudpar Sleman, AA Ayu Laksmidewi, kirab ogoh-ogoh ini akan diikuti oleh 20 komunitas. Agenda kesenian ini akan digelar pada pukul 13.00 WIB dari kompleks Pasar Kutu Tegal Sinduadi Mlati menuju Jalan AM Sangaji. "Tepatnya, nanti finish di sekitar RS Sakina Idaman sepanjang 1,5 kilometer," tutur Ayu, Senin (29/2).

Ia menambahkan, penyelenggaraan gelar seni ogoh-ogoh ini merupakan yang kedua kalinya untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Sleman. Tahun lalu pagelaran seni ogoh-ogoh juga ditampilkan pada agenda yang sama.

Namun Ayu meyakini, pagelaran tahun ini akan jauh lebih spesial. Pasalnya acara tersebut diselenggarakan untuk hari jadi Sleman yang ke-100. Selain itu, event budaya ini dimaksudkan untuk memberikan suguhan kepada wisatawan yang berkunjung ke DIY, khususnya Sleman.

"Kami berharap event ini dapat menjadi daya tarik yang bisa ditawarkan kepada para tamu hotel oleh pihak travel agent yang membawa tamu ke DIY maupun masyarakat umum," kata Ayu.

Selain kirab di jalur selokan Mataram dan Jalan AM Sangaji antara kompleks Pasar Kutu Tegal dan RS Sakina Idaman, semua peserta kirab juga melakukan display di perempatan Jalan Baru UGM. Adapun Ogoh-ogoh nantinya terdiri dari 15 komunitas masyarakat dan lima komunitas tematik.

Ayu mengemukakan, ke-15 komunitas masyarakat tersebut meliputi Margoagung Seyegan, Sumbersari Moyudan, Sanggar Sakura Mlati, Glagaharjo Cangkringan, Umbulmartani Ngemplak, Wonokerto Turi, Hargobinangun Pakem, Purwobinangun Pakem, Ambarketawang Gamping, Donokerto Turi, Blendangan Berbah, serta 5 ogoh ogoh ritual bertemakan “Sedulur papat limo pancer”. Sementara itu, ogoh-ogoh flora dan fauna yang ditampilkan di antaranya meliputi Hutan Bambu, Salak, Rusa, Ganesha, Kuda, Lembu, Raksasa, Kera, Lembu Sura, dan Sapi.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign