Atraksi Kesenian Tradisional Meriahkan Malam Minggu di Jam Gadang

Bukittinggi, Sumbar - Pemko Bukittinggi mela­lui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bukittingi, menampilkan ane­ka antraksi Kesenian Tra­disonal Minangkabau di pela­taran Taman Jam Gadang setiap malam Minggu.

Antraksi kesenian berupa kesenian randai, saluang, talempong serta tari-tarian daerah itu, dilakukan sebagai bentuk upaya pelestarian kesenian tradisional sekaligus menghibur para pengunjung yang datang ke Kota Bukit­tinggi. Seperti penampilan Ke­senian Randai yang ditam­pilkan oleh siswa SMPN 1 Bukittinggi dengan mem­bawakan cerita Ambun Suri, Sabtu (19/3) malam. “Pe­nam­pilan antraksi kesenian ini kita lakukan setiap malam Minggu. Kegiatan ini bertu­juan sebagai bentuk upaya kita dalam pelestarian seni tradisi, sekaligus sebagai salah satu upaya promosi kepa­riwi­sa­taan Kota Bukittinggi,” ujar Kepala Disbudpar Bukit­tinggi, Melfi Abra, disela sela penampilan kegiatan seni tradisional tersebut.

Menurutnya, untuk pe­ngisi acara penampilan ke­se­­nian setiap malam minggu ini adalah dari berbagai unsur baik itu dari unsur sekolah, sanggar seni atau­pun unsur kelurahan. Ke­giatan yang dilaksanakan ini terbuka un­tuk umum serta bagi peme­rintah daerah lain­­nya yang ingin menam­pil­kan tradisi ke­senian me­reka di Bukit­tinggi.

Untuk mengikuti kegiatan ini, syaratnya harus men­daftarkan diri terlebih dahulu ke Disbudpar Bukittinggi, dan apabila dinilai layak untuk ditampilkan maka Disbudpar akan memberi sejumlah fa­silitas, berupa tempat, alat sound system dan uang trans­portasi bagi peserta. “Dengan adanya kegiatan seperti diha­rapkan anak-anak dan remaja kita akan lebih banyak me­miliki waktu untuk hal positif serta dapat mencintai budaya dan kesenian yang mereka miliki,” harap Melfi.

Walikota Bukittinggi, Ram­lan Nurmatias dan Wakil Walikota Bukittinggi H. Ir­wandi, SH serta beberapa Kepala SKPD Kota Bukit­tingggi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sangat me­nga­presiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan yang diselenggarakan oleh Dis­budpar Bukittinggi sebagai ajang promosi Pariwisata.

Ramlan juga sangat bang­ga kepada siswa SLTPN 1 Bukittinggi yang telah ikut tampil dalam pergelaran seni kesenian yang dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan ini sa­ngat positif karena banyak manfaat yang diperoleh.

Di­sam­ping itu pe­nam­pilan kese­nian inipun akan menggenjot perekonomian masyarakat sekaligus sebagai sarana untuk mem­pro­mo­sikan pariwisata Bukitttinggi.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign