Gelar Bentang Karya Bertema Melayoe Doeloe, Kemas Tampil Berkain Sarung

Selatpanjang, Riau - Komunitas Seni Muda Bernas (Kemas) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, akan menggelar bentang karya ke-4 tanggal 26 Maret tahun 2016 malam. Bengtang Karya kali ini akan ditampilkan dengan gaya berbeda.

Pembina Kemas Berty Asmara didampingi Ketua Heru, ketika ditemui di Selatpanjang, Rabu (23/3/2016) mengatakan, bahwa mereka akan menggelar kegiatan bentang karya ke-4. Bentang karya ini merupakan upaya. untuk mengaplikasikan latihan-latihan yang telah dilakukan selama ini.

"Rencananya tanggal 26 Maret 2016 malam," kata Berty.

Ditambahkan Heru, untuk bentang karya ke-4 tahun 2016 ini, mereka akan tampil beda dengan mengusung tema “Melayoe Doeloe”. Dimana, nantinya semua anggota kemas dan semua panitia akan mengenakan kain sarung dan berpakaian ala masyarakat melayu zaman dulu.

"Itu lah yang membuat penampilan kita kali ini unik," tambah Heru.

Dijelaskan Heru lagi, dalam helat yang akan dilaksanakan nanti akan disuguhkan berbagai karya diantaranya musik komposisi, tari kreasi, musikalisasi puisi, drama dan teaterikal.

"Karya yang kami tampilkan nanti, merupakan proses latihan yang telah kami lakukan, tentu saja karya ini original yang belum pernah ditampilkan sebelumnya, kecuali muspus (baca; musikalisasi puisi, red) yang merupakan karya Bang Matrock," ujar Heru.

Ketika disinggung tentang sumber dana yang mereka dapatkan untuk melaksanakan Bentang Karya ke-4 ini, pembina Kemas Berty Asmara hanya tersenyum kecut.

"Kalau masalah itu (biaya, red), sampai hari ini kami "patungan", yang paling penting bagi kami adalah untuk seluruh anggota tetap semangat melestarikan produk budaya yang kita miliki, mengangkat kearifan lokal dalam bentuk karya," ujar Berty.

Ia juga berharap agar nantinya generasi muda di Kepulauan Meranti ini agar tetap melakukan hal-hal positif tidak hanya di bidang kesenian. Dan memiliki pola pikir yang kreatif guna menciptakan daerah yang bisa "bersaing" dengan daerah yang lain.

Mengingat perkembangan kesenian yang semakin pesat, perlunya support dari pihak-pihak terkait agar dapat dukung kelompok-kelompok yang memiliki kemampuan dan pola pikir yang maju guna pencapaian pembangunan khususnya dibidang kesenian. Apalagi bagi mereka yang telah mengharumkan nama baik Kabupaten Kepulauan Meranti sekarang maupun di masa mendatang.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign