Kala Kuliner dan Budaya “Manjakan” Delegasi KTT OKI

Jakarta - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan ragam budaya dan aneka kuliner. Karena itu, Indonesia menampilkan dan menyajikannya pada welcoming dinner di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 tentang Palestina dan Al- Quds di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (6/3).

Terlihat berbagai hidangan disajikan dari berbagai daerah menyambut kehadiran delegasi dari lebih 50 negara yang hadir dalam KTT LB OKI kali ini. Sajian tersebut seperti salad campur dengan kepiting soka goreng tepung saos jeruk khas Sumatera Barat dan sup daging sapi dengan rempah dan bawang goreng yang menjadi makanan khas Aceh.

Untuk menu utama yang dihidangkan adalah nasi putih dengan undang bumbu ragam rempah, daun jeruk dan daun kari. Disajikan pula ikan panggang bumbu kuning, cumi panggang dengna madu, tumis sayur daun dewa dengan bawang putih dan acar sayur yang kesemuannya merupakan khas Sumatera Utara.

Sementara itu untuk delegasi lainnya disajikan paprika panggang, salad campur dengan ayam gulung bumbu kuning khas Sumatera Barat dan sup ikan asam pedas dengan belimbing wuluh asal Aceh menjadi pembuka makanan para Kepala Negara/ Pemerintahan.

Setelah itu menyusul menu utama nasi biryani yang disajikan dengan daging domba saos kari dengan yoghurt, ikan barramundi panggang bumbu kecap, dan terong panggang balado serta acar sayur yang merupakan makanan khas Sumatera Utara.

Tidak hanya itu, semua peserta welcoming dinner disuguhi pula sate maranggi khas Jawa Barat dan sate ayam Madura. Penutupnya para delegasi dihidangkan bubur kampiun dan dadar gulung.

Selain ragam kuliner, para delegasi dan undangan yang hadir dalam welcoming dinner juga mendapatkan cinderamata khas Indonesia berupa kotak kartu nama motif batik Kuwung karya Kriya Nusantara serta blocknote motif tenun Palembang ditambah sapu tangan motif sulam Bajaik Padang karya Heni Adly.

Para delegasi juga disuguhi alunan musik dari Twilite Orchestra pimpinan Addie MS saat menyantap makan malam. Selain itu, beragam tarian juga disajikan di atas pentas, yakni Tari Samon Gayo Lues dari Aceh dan Tari Zapin Seri Buantan dari Riau. ”Malam ini saya ingin menjadi tuan rumah yang baik, selamat menikmati makan malam dan beragam budaya Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

-

Arsip Blog

Recent Posts