Masyarakat Peduli Cagar Budaya Bersihkan Keraton Kaibon

Serang, Banten - Kelompok masyakat yang menamakan dirinya Masyarakat Peduli Cagar Budaya Banten (MPCBB) melaksanakan bakti sosial dengan membersihkan Keraton Kaibon, Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Minggu, (20/3).

Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan cagar budaya akan pentingnya kebersihan dan perawatan cagar budaya.

Koordinator MPCBB, Amar Asan, mengatakan, bahwa kelompok masyarakat yang dibentuknya bersama warga masyarakat Kasunyatan dan Banten ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya bennda cagar budaya yang ada di sekitar mereka.

“Saat ini kondisi benda cagar budaya di Banten, Kasunyatan dan sekitarnya masih sangat memprihatinkan terutama dengan persoalan kebersihan,” ujar Amar.

Menurut Amar, benda cagar budaya seharusnya selalu dalam kondisi bersih dan rapi. Namun, kenyataannya benda cagar budaya di Banten hampir semuanya tidak terawat. Salah satunya adalah Istana Kaibon, tampak tidak terawat, dalam kondisi kotor, banyak sampah berserakan, dan rumput-rumput yang mulai meninggi.

“Melihat kondisi seperti ini kami merasa prihatin. Karena itu kami melakukan kegiatan bakti sosial untuk membersihkan Istana Kaibon, Banten Lama,” jelasnya.

Amar mengatakan, jika masyarakat sadar akan potensi yang ada, maka kawasan yang sangat bersejarah ini akan memiliki dampak ekonomi yang lebih besar bagi penduduk yang tinggal di sekitar benda cagar budaya.

“Untuk itu, MPCBB akan terus melakukan kegiatan bakti sosial dan kampanye pelestarian benda cagar budaya yang saat ini masih tersisa demi masa depan anak cucu, generasi penerus,” katanya.

Sementara itu, Ketua ICMI Kota Serang, Rohman, menyambut baik kepedulian yang ditunjukkan oleh MPCBB. Kelompok ini lahir dari masyarakat sekitar kawasan Banten Lama dan ini merupakan hal yang sangat positif karena mereka yang berhubungan langsung lingkungan sekitar.

“Bila benda cagar budaya yang ada bisa dirawat dengan baik, manfaat ekonomi pasti akan dirasakan oleh masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign