Mengenang Tenas Effendy, UMRI Gelar Kuliah Umum Filsafat Melayu

Pekanbaru, Riau - Untuk mengenang DR (HC) Tenas Effendi salah seorang tokoh budayawan terbesar dalam sejarah Melayu, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyelenggarakan Syarahan Umum atau Kuliah Umum.

Kegiatan yang merupakan rangkaian agenda Bulan Tenas Effendy tersebut dilaksanakan, Selasa (15/03/16) di Auditorium UMRI Jalan KH Ahmad Dahlan No 88 Pekanbaru.

Acara yang dilaksanakan dari pukul 08.30 hingga 11.30 WIB ini diikuti tiga ratusan mahasiswa dan civitas akademika UMRI. Sebagai Pembicara Syarahan Umum ialah Prof DR H Muchtar Achmad MSc. Hadir dalam acara ini Wakil Rektor 1 dr Taswin Yacob, Sps, Ketua LAM Riau Al Azhar, Budayawan Riau Fakhrunnas MA Jabbar dan Taufik Ikram Jamil acara berlangsung meriah.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 UMRI dr Taswin mengucapkan terima kasihnya atas kepercayaan LAM Riau yang mempercayakan UMRI untuk menggelar kuliah umum mengenang DR(HC) Tenas Effendy yang di kenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di ASEAN.

"Kegiatan ini adalah salah satu Senarai dari Bulan Mengenang Tenas Effendy, sebagai orang yang sangat berjasa dalam dunia Melayu, terlebih Riau dengan sejumlah karya-karyanya yang ratusan banyaknya," sebut Al Azhar.

Dalam pemaparan Syarahan Umum, Prof DR Muchtar Achmad menjelaskan tentang filsafat kemelayuan yang telah melalui proses fase ribuan tahun dalam kehidupan manusia.

"Melayu hadir sebelum Masehi, maka dengan sejarah panjangnya tersebut, Melayu memberikan banyak warna terhadap Dunia Islam salah satunya," ungkap Mantan Rektor UNRI tersebut.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign