UPT Museum dan Taman Budaya Riau Gencar Perkenalkan Budaya Melayu

Pekanbaru, Riau - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau gencar memperkenalkan budaya Melayu kepada masyarakat Riau, khususnya Pekanbaru. Salah satunya lewat kegiatan Pasar Seni Taman Budaya.

Hal ini dikatakan Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disdikbud Riau, Sri Mekka SH MH di Pekanbaru, Senin (14/3/2016). Katanya, kegiatan ini adalah kali kedua dilaksanakan tahun ini.

"Pasar seni ini sebagai wadah bagi masyarakat untuk lebih menyukai hasil karya seni Melayu Riau, mulai dari seni musik, tari, teater, seni rupa, puisi, dan lainnya," ujar Sri Mekka.

Sebelumnya pada 28 Februari 2016 lalu, terang Sri Mekka, pasar seni pertama sudah kita laksanakan. Saat itu diisi oleh mahasiswa Fakuktas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak).

"Selanjutnya, pasar seni kedua ini akan kita lakukan tanggal 26 Maret nanti di lokasi yang sama, yakni Taman Budaya Pekanbaru, Jalan Sudirman. Pasar seni yang kedua ini akan diisi oleh mahasiswa sentra tasik Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR)," katanya lagi.

Pada kegiatan ini, lanjut Sri Mekka, pihaknya sepenuhnya memberikan peluang bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum menampilkan kreativitas seni mereka. Dengan harapan, penikmat seni dari masyarakat umum bisa terhibur dengan adanya Pasar Seni Taman Budaya tersebut.

"Prinsipnya, kita ingin menyediakan tempat, ruang bagi siswa, mahasiswa, komunitas seni, masyarakat umum yang ingin menyalurkan bakat dan jiwa seninya. Itu sebabnya kita adakan Pasar Seni Taman Budaya ini. Bahkan, UPT Museum dan Taman Budaya juga telah menganggarkan dana, konsumsi bagi pecinta seni yang ingin tampil pada pasar seni taman budaya yang kita gelar sekali dua minggu setiap Sabtu malam di halaman Taman Budaya Riau ini," ucap Sri Mekka.

Masyarakat boleh masuk dan menikmati pasar seni taman budaya ini tanpa dipungut biaya. "Ini salah satu upaya kita lebih mendekatkan seni dan budaya di tengah masyarakat Riau dan Pekanbaru khususnya," pungkas Sri Mekka.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign