Warisan Kain Nusantara Cermin Budaya Bangsa

Jakarta - Cinere Bellevue Mall menggelar pameran busana etnik dengan tema Pesona Etnik Indonesia. Pagelaran busana ini melibatkan 70 desainer etnik terkenal Indonesia yang tergabung dalam Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) dari 15 provinsi di Indonesia. Pameran busana etnik ini digelar sebagai upaya untuk mengangkat warisan kain nusantara.

“Kegiatan pameran busana Pesona Etnik Indonesia ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan kami terhadap budaya dan warisan nusantara melalui batik, tenun ikat, dan songket dari berbagai provinsi di Indonesia,’’ujar General Manager Cinere Bellevue Mall, Setio Widodo di Jakarta, Jumat (4/3).

Pameran busana Pesona Etnik Indonesia diselenggarakan di Atrium Cinere Bellevue Mall, 8-31 Maret 2016. Pameran busana itu akan menampilkan karya busana etnik Itang Yunasz, Ida Royani, Ikat Indonesia by Didit Maulana, Raizal Rais, Corrie Kastubi, Stephanus Hamy, Jadin C. Djamaluddin, Sonny Muchlison, Dimas Mahendra, Jenny Tjahyawati, Yoyo Prasetyo, Merry Pramono, Nieta Hidayani, Iva Lativah, dan Boyonz Ilyas.

“Sudah seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia lebih mengenal lagi warisan nusantara, terlebih lokasi Cinere Bellevue Mall ada di selatan Jakarta. Masyarakat Cinere suka dengan budaya dan kearifan lokal,” ujar Setio.

Rangkaian acara pameran busana akan dibuka pada 8 Maret 2016 dengan diawali oleh fashion show busana tradisional daerah dari Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Betawi, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Lombok, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Barat.

Ketua Komunitas Desainer Etnik Indonesia, H Raizal Rais mengatakan, kain nusantara merupakan identitas Indonesia di mata dunia. Keinginan para desainer etnik yakni untuk mengangkat budaya Indonesia yang memiliki kekayaan dan keragaman jenis tekstil atau kain yang melambangkan seni budaya bangsa Indonesia.

“Kita mengangkat budaya sendiri di ranah nasional dan internasional, sehingga kain nusantara dapat digunakan oleh siapapun baik tua maupun anak-anak muda Indonesia, kapan pun, dan di mana pun. Saat ini desainer etnik Indonesia sudah banyak membuat kreasi unik yang melibatkan kain nusantara,” tambah Raizal.

Perancang busana, Didit Maulana mengatakan, dirinya akan memamerkan koleksi pria dan wanita. “Gabungan berbagai macam tenun Bali dan Palembang ada luriknya juga,’’ jelas Didit.

Didit memaparkan, selain di pasar domestik, respons di dunia internasional terhadap karya anak bangsa cukup bagus. “Banyak sekali desainer indonesia yang karyanya dipamerkan di luar negeri dan kami bisa bersaing,’’ jelas Didit.

Cinere Bellevue Mall adalah salah satu pusat kuliner terbesar di wilayah Cinere yang dikembangkan oleh PT Megapolitan Developments Tbk. Cinere Bellevue Mall merupakan pusat perbelanjaan yang nyaman, modern dan terbesar di Cinere. Beroperasi pada 2014, Cinere Bellevue Mall dibangun terintegrasi dengan bangunan apartemen Cinere Bellevue Suites.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign