Ada Guyonan Khas Melayu Hibur Pengunjung Pekan Raya Sumut

Medan, Sumut - Open stage Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) akan menyajikan penampilan kesenian yang ciamik pada Minggu malam 3 Maret 2016. Pemkot Medan menyiapkan acara itu untuk menghibur pengunjung PRSU.

Pertunjukan seni itu sendiri bertema "We Love Medan". Beragam jenis tarian tradisional, ronggeng Melayu, dan penampilan-penampilan lawakan yang mengocok perut akan ditampilkan.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan Hasan Basri mengatakan, pertunjukan seni ini untuk memperkenalkan budaya yang ada di Kota Medan. Acara itu juga untuk menghibur para pengunjung.

Disbudpar Kota Medan selaku penyelenggara meyakini apa yang telah dipersiapkan pasti menghibur sekaligus menghipnotis pengunjung di arena PRSU. Pertunjukan seni itu akan dibuka dengan opening dance dengan menampilkan Ronggeng Melayu yakni sebuah karya seni menggabungkan tiga unsur yakni musik, tari dan sastra.

“Ketiga unsur seni ini mengikat satu sama lain dalam satu penyajian. Seni sastra diwujudkan lewat berpantun secara spontan menjadi ruang kreatifitas paling mahal. Tidak semua orang bisa berpantun dibungkus pola tempo dan ritem sekaligus menandak (menari dengan gaya tertentu),” kata Hasan di Balai Kota Medan, Jumat (1/4/2016).‎

Selain Ronggeng Melayu, ada juga tarian tradisi yang ada di Kota Medan. Hanya saja pada malam tampilan kesenian, tari tradisi yang ditampilkan hanya mewakili dua etnis saja yakni Batak dan India. Mantan Kadis Pendidikan Kota Medan ini yakin tari tradisi yang ditampilkan akan membuat pengunjung melontarkan tepuk tangan yang meriah.

Tak kalah menarik lagi, mereka juga telah mempersiapkan Tari Berjoget Menghibur. Dulunya, tari ini dipersembahkan untuk menghibur raja-raja sekaligus tarian hiburan masyarakat.

“Jadi tarian ini kita akan kembali dengan tema ceria khas muda-mudi Melayu, guna menyemarakkan malam tampilan kesenian,” ungkapnya.

Untuk lebih memeriahkan malam, kata Hasan, Tari Kreasi Melayu ikut ditampilkan dengan gerakan dan dentuman yang sangat rancak dan menyenangkan. Termasuk menampilkan beberapa gerakan-gerakan indah oleh para penari di atas panggung.

“Saya yakin pengunjung akan terkesima,” jelasnya.

Selain aneka tari, Hasan membeberkan, acara tersebut juga dimeriahkan grup lawak Komedi Bangsawan dengan tampilan konsep seperti tampilan acara Opera Van Java pada salah satu televisi swasta. Yang membedakan hanya cerita, latar dan alur ceritanya sangat Melayu sekali, termasuk guyonan dan dialek khas Medan Melayu.

“Di luar itu, kita akan mendatangkan artis Medan, Dewa DA3 untuk menghibur pengunjung. Untuk itulah atas nama Wali Kota Medan, saya mengajak seluruh warga Kota Medan untuk beramai-ramai hadir di Open Stage PRSU untuk menyaksikan Malam Tampilan Kesenian Pemko Medan,” harapnya.

Pekan Raya Sumatera Utara merupakan even tahunan yang berlangsung di provinsi tersebut. Acara menyajikan parade budaya untuk memperkenalkan kekhasan masyarakat Sumut. Pada 2016, pekan raya berlangsung muali 18 Maret hingga 18 April.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign