Festival Melinting Menjadi Kekuatan di Lampung Timur

Sukadan, Lampung - Kekayaan seni budaya di Provinsi Lampung bergitu banyak, sehingga upaya untuk melestariannya menjadi hal utama, sekaligus bisa menjadi daya tarik pariwisata. Salah satunya gelaran Festival Melinting ke-VI di Taman Purbakala Pugungraharjo, Kecamatan Sekampungudik, Minggu (17/4/20016).

Bahkan, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, saat membuka festival, mengatakan dalam waktu dekat ini akan memperkenalkan budaya tari melinting ke Malaysia, dengan tujuan agar budaya Indonesia asal Propinsi Lampung, terutama Lampung Timur, bisa dikenal di mata Asia.

Dalam festival Melinting dengan agenda lomba tari melinting yang di ikuti oleh siswa tingkat SMP/MTS itu dihadiri oleh Runeer UP Putri Indonesia asal Propinsi Lampung Felicia Hwang, dan SKPD Kabupaten Lampung Timur.

Bupati menilai untuk meningkatkan mutu budaya tari melinting tentu harus ada perhatian dari pemerintah, khususnya dari Dinas Pariwisata, seperti administrasi dan peningkatan pembelajaran tari tradisi Lamtim, seragam, hingga kemampuan kultur penarinya.

Bupati pun berencana menjadikan Melinting sebagai ciri khas batik daerah yang akan menjadi segaram. "PNS sampai guru-guru yang ada di Lamtim akan kami jadwalkan mengenakan batik ciri khas Melinting," ujar Chusnunia.

Sementara itu, Sultan Ratu Melinting Rizal Rinzani, meminta kepada pemerintah kabupaten agar tari Melinting bisa dijadikan mata pelajaran ekstra kurikuler di tingkat SMP dan SMA agar budaya lokal tidak punah ditelan zaman.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign