Hidupkan Kembali Hiski, Jaga Keutuhan Sastra dan Budaya Kaltim

Samarinda, Kaltim - Sempat vakum sekian tahun, Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (Hiski) Komisariat Kaltim kembali dihidupkan. Kemarin (6/4) di ruang rapat I rektorat Universitas Mulawarman (Unmul), berlangsung rapat pembentukan kepengurusan baru. Pesertanya berasal dari pemerhati sastra dan budaya sejumlah instansi di Kaltim.

Menurut Kepala Kantor Bahasa Kaltim Imam Budi Utomo, keberadaan Hiski Kaltim sangat penting untuk mendampingi program pembinaan, pengembangan, perlindungan bahasa, sastra, dan budaya. Sebab, pada era persaingan global saat ini, perhatian masyarakat terhadap budaya literasi terus meredup. “Hadirnya Hiski Kaltim terus menambah jumlah gerakan literasi,” jelas dia.

Dia menambahkan, Hiski Kaltim diharap bisa bersinergi dengan segala elemen pendukung gerakan literasi, seperti dari kalangan komunitas, pemerintah, hingga organisasi lain.

Wakil Rektor Unmul Bidang Akademik Prof Mustofa Agung Sardjono dalam sambutannya mengatakan, keberadaan himpunan bisa menjadi wadah belajar, menambah pengetahuan dan pengalaman, dan pengembangan diri. “Unmul memiliki program-program terkait pengembangan budaya dan sastra. Keberadaan himpunan ini sangat membantu dalam mewujudkan visi Unmul menjadi universitas bertaraf internasional,” jelas dia.

Dalam pertemuan tersebut, peserta menunjuk Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unmul Mursalim sebagai ketua baru Hiski Kaltim.

Mursalim menuturkan, keberadaan Hiski Kaltim bisa memancing kembali geliat sastra dan kebudayaan di Benua Etam. “Dalam waktu dekat, kami akan mendokumentasikan karya-karya sastra di Kaltim. Hasilnya bisa menjadi aset tidak ternilai bagi generasi penerus,” tandasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign