Inacraft 2016 Usung Kemegahan Budaya Minangkabau

Jakarta - Pameran kerajinan Indonesia (Inacraft) kembali digelar. Kali ini pameran yang diikuti 1400 peserta perusahaan kerajinan itu akan mengangkat berbagai kemegahan kebudayaan Minangkabau.

"Setiap tahun memang kami terbuka bagi setiap provinsi menjadi ikon. Tahun ini terpilih budaya Sumatera Barat sebagai ikon, sehingga bisa mengeksplorasi budaya mereka di Inacraft 2016," ujar Project Officer Inacraft 2016 Hadi Sunarno dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Suasana pameran akan disulap bernuansa Minangkabau, mulai dari hiasan di pintu utama, panggung pembukaan, hanging banner di dalam dan luar area pameran. Lalu tak ketinggalan hiburan pertunjukan seni serta stan ikon Sumatera Barat di lobi utama. "Setiap harinya akan menampilkan kesenian Sumatera Barat," kata Hadi.

Dia mengatakan barang-barang kerajinan yang akan dipamerkan antara lain berbagai produk kerajinan dari tekstil seperti batik, tenunan, bordir, songket, ikat dan aksesorisnya. Lalu kerajinan kayu seperti patung, furniture berukir, bingkai lukisan, mainan edukasi.

Selain itu adapula barang-barang perhiasan dari emas, perak dan baru permata, kemudian barang kerajinan keramik seperti pottery dan gerabah serta pernak-pernik dekorasi rumah. Sekretaris Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Ridonalt menambahkan sebanyak 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat telah bersiap unjuk gigi dalam pameran Inacratft kali ini.

Dia berharap kesempatan ini bisa masyarakat bisa mengeksplorasi kebudayaan Minangkabau lebih dalam dan luas.

Inacraft 2016 akan dilaksanakan selama lima hari mulai 20-24 April 2016 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC). Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25 ribu.

Kemudian, untuk memudahkan menuju lokasi, pihak panitia menyediakan bus khusus dari bandara dan sejumlah mal yakni Mal Taman Anggrek, Margocity dan Sumarecon Mall Bekasi. Bus ini akan berangkat setiap dua jam sekali.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign