Lestarikan Kebudayaan Minangkabau, Nagari Palupuah Agam Gelar Pencak Silat

Agam, Sumbar - Untuk terus melestarikan kekayaan budaya Minangkabau di Angge Tahun 2016, Nagari Palupuah Kabupaten Agam menggelar Festival Kebudayaan Minangkabau. Acara utamanya yakni kegiatan pencak silat. Acara ini sekaligus memperkenalkan potensi daerah yang ada.

Acara ini dibuka langsung Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno Minggu (17/4/2016). Irwan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Abdul Gafar.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi program yang telah dilaksanakan oleh masyarakat Palupuah. Karena program tersebut juga mendukung program pemerintah yaitu melestarikan adat budaya Minangkabau. Irwan juga berharap hal ini akan berdampak positif untuk kedepannya.

“Partisipasi masyarakat sendiri sangat dibutuhkan untuk mensukseskan program ini dan kami juga berharap kegiatan ini dapat terlaksana rutin sekali setahun atau kalau bisa sekali sebulan,” ujar Irwan.

Setelah menyampaikan sambutan, Gubernur langsung membuka kegiatan Festival Kebudayaan Minangkabau tersebut dan juga melihat produk makanan lokal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto juga melaporkan, saat ini di Kabupaten Agam pencak silat menjadi salah satu ekstrakurikuler wajib di sekolah sekolah.

Selain itu, Martias juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengaktifkan kembali fungsi surau yang merupakan tradisi adat minangkabau yg mulai luntur di kalangan anak muda.

Tampak juga hadir dalam acara, Anggota DPRD Sumbar Armiati, SE, Kepala SKPD di Lingkungan Kabupaten Agam.

Armiati sendiri mengatakan sangat bangga palupuah bisa dikunjungi lagi oleh seorang Gubernur Sumatera Barat. Hal itu terakhir kali 40 tahun yang lalu yaitu pada masa jabatan Bapak Harun Zein.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign