Mei, Festival Borneo Digelar di Kalbar

Pontianak, Kalbar - Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar, Simplisius mengatakan, Mei mendatang akan digelar Festival Borneo yang diikuti seluruh provinsi di Kalimantan.

Digelarnya Festival Borneo di Kota Pontianak, berdasarkan penentuan pada rapat tahun lalu di Samarinda dalam kurun waktu pelaksanaan setahun sekali dan bergantian tempat.

Sebenarnya pelaksanaan Festival Borneo akan digelar di Kaltara tetapi Kaltara belum siap, makanya digelar di Kalbar. Namun untuk berikutnya, kemungkinan akan digelar di Kaltara.

"Dengan adanya Festival Borneo maka ada dua event besar di 2016, satu lagi Gawai Dayak karena dana terbatas kami gunakan untuk dua kegiatan. Ada Festival Budaya dan Gawai Dayak, maka kegiatan akan semakin meriah," ujarnya Kamis (31/3/2016) ini.

Ia mengatakan jika Gawai Dayak melibatkan peserta se-Kalbar, Festival Borneo yang akan berlangsung selama lima hari akan melibatkan seluruh provinsi di pulau Kalimantan.

"Tahun ini akan dilakukan pemilihan Putri Borneo, pameran, tarian dayak dan melayu. Dengan adanya Putri Borneo maka akan ada icon untuk mempromosikan wisata,"ujarnya.

Tahun sebelumnya Festival Borneo yang dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya di gelar di Stadion Madya, Samarinda. Adapun kriteria Putri Borneo memenuhi 3B.

"B yang pertama, beauty, cantik, menarik. B yang kedua adalah brain, kecerdasan, pintar, punya pemahaman yang cukup di bidang pariwisata atau smart. Dan B yang ketiga adalah behavior yang acap disebut hospitable, budi pekerti, prinsip hidup yang berbudaya luhur," katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign