Menikmati Seni Budaya Lewat Gelaran Festival Pesona Cirebon

Cirebon, Jabar - Jika Anda berencana mengisi akhir pekan ini untuk melihat hiburan berbau seni budaya Cirebonan, tidak ada salahnya, week end ini berkunjung ke Cirebon.

Pasalnya saat ini tengah diselenggarakan Festival Pesona Cirebon, suatu gelaran berbagai kekuatan dan kekayaan seni-budaya khas Cirebon yang berlangsung sejak 31 Maret hingga 2 April ini.

Gelaran Festival Pesona Cirebon adalah perpaduan antara cultural value atau nilai budaya yang kuat berkat peranan Kasepuhan Cirebon sebagai pusat kebudayaan, kesenian dan kuliner.

"Dengan commercial value berupa pengelolaan kegiatan yang menarik banyak wisatawan," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan pers, Jumat (1/4/2016).

Menurutnya Cirebon itu sudah kuat di budaya. Sudah tidak perlu diragukan lagi atraksi dari sisi ini namun budaya saja tidak cukup, harus ditemukan commercial value-nya.

"Sehingga menghasilkan kombinasi yang serasi, dan menjadikan Cirebon sebagai salah satu destinasi terbaik. Apalagi jaraknya dengan ibu kota, pusat market pariwisata sangat dekat," kata Arief.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Kementerian Pariwisata, Raseno Arya, mengungkapkan pihaknya telah mempromosikan Festival Pesona Cirebon ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri sejak beberapa waktu lalu.

Sebab, Festival Pesona Cirebon adalah bagian dari promosi pariwisata Pesona Indonesia maupun Wonderfull Indonesia.

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat SE mengungkapkan Festival Pesona Cirebon akan berlangsung di seantero kota dengan tampilan berbagai acara kesenian dan ragam kuliner, utamanya di Keraton Kasepuhan dan pelabuhan.

"Cirebon sebagai pusat tujuan wisata yang lengkap. Ada wisata budaya, alam, religi, sejarah dan tentu saja kuliner," katanya.

Hal yang menarik lagi, Sultan Sepuh XIV mengundang dua belas kesultanan lain yang ada di Nusantara.

Mereka adalah Kesultanan Sumbawa, Kesultanan Ternate, Kesultanan Tidore, Kesultanan Bacan, Kesultanan Bintan, Kesultanan Kutai Kartanegara, Kesultanan Deli, Kesultanan Luwu, Kesultanan Sumedang Larang, Kesultanan Kanoman, Kadipaten Pakualaman, Kesultanan Malaka dan Kerajaan Jipang. Kesemuanya telah hadir di Cirebon.

Selain itu, sejumlah duta besar hadir yaitu Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Duta Besar Korea Selatan, Duta Besar Turki dan Duta Besar Thailand juga President International Cheng Ho dari Singapura.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign