Pawai Rimpu Hiasi Puncak Acara Festival Pesona Tambora

Dompu, NTB - Puncak acara Festival Pesona Tambora (FTP) yang dihelat di desa Doro Ncanga, Kecamatan Pekat, kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung meriah.

Berbagai kesenian dan adat budaya masyarakat Dompu ditampilkan pada puncak perhelatan tersebut. Sejak awal acara ini digelar dengan melibatkan penuh seluruh elemen masyarakat setempat.

Sehari sebelum puncak acara digelar, yakni pada Jumat 15/4/2016, pemerintah daerah Dompu menggelar pawai Rimpu yang diikuti lebih dari 500 wanita yang terdiri dari kaum ibu dan para gadis yang berpakaian adat Rimpu.

Suasana Desa Doro Ncanga pun berubah drastis. Tampak riuh dan penuh warna warni yang terpancar dari pakaian adat Rimpu.

Rimpu merupakan pakaian adat yang terdiri dari dua lembar sarung tenunan motif khusus masyarakat setempat yang disebut "Tembe Nggoli". Pakaian tersebut digunakan sebagai penutup badan dan hanya dikenakan oleh wanita.

Ada yang unik dari Rimpu yaitu, cara pengenaan yang berbeda bagi wanita yang sudah pernah menikah dan yang masih gadis. Khusus buat wanita yang sudah menikah ataupun yang janda, mereka menutup seluruh bagian badan kecuali wajah. Biasanya disebut Rimpu Colo.

Namun, jika Rimpu tersebut dikenakan oleh gadis, maka diharuskan menutup seluruh bagian badan termasuk wajah kecuali mata seperti menggunakan cadar. Biasa disebut Rimpu Mpida.

Salah seorang peserta pawai, Riana (35) tahun menuturkan, penggunaan Rimpu yang berbeda dan berdasarkan status tersebut merupakan bagian dari adat istiadat Dompu.

Fungsinya untuk membedakan mana perempuan yang sudah menikah dan yang masih gadis jika ada pria yang hendak mempersunting seorang wanita.

"Penggunaan Rimpu ini mempermudah untuk mengenali para wanita yang masih gadis atau yang sudah menjanda," kata Riana.

Meski demikian, seiring perkembangan zaman rupanya tradisi adat istiadat Rimpu saat ini mungkin hanya sebagai simbol tradisi Dompu.

Sebab, jika berkunjung ke daerah Dompu, hampir tak ditemukan wanita yang masih mengenakan Rimpu seperti aslinya kecuali pada acara tertentu.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign