Pemkab Lamongan Patenkan Batik Motif Bandeng Lele

Lamongan, Jatim - Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, akan mengurus hak paten batik motif ikan bandeng lele untuk melindungi perajin yang mengembangkannya sebagai identitas budaya setempat.

"Saya harapkan motif batik ikan bandeng lele ini bisa segera keluar hak patennya, dan benar-benar menjadi identitas dari budaya Lamongan," ucap Bupati Lamongan Fadeli, saat membuka Seminar Batik Lamongan Menghadapi MEA di Pendopo Lokatantra, Lamongan, Rabu.

Ia mengatakan, batik motif ikan bandeng lele telah sering dilombakan di Lamongan, dan menjadi batik khas sejak tahun 2012 dengan berbagai variasi motif.

Fadeli mengatakan, perajin batik motif bandeng lele juga terus berkembang. Saat ini sudah 467 perajin batik yang sebagian besar berada di Desa Sendang Dhuwur dan Sendang Agung, Paciran.

Salah satu nara sumber dalam seminar tersebut Mahdi Jafar dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta mengatakan setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam pembuatan batik, seperti teknik batik cetak sablon, serta menggunakan lilin cair dingin sebagai pasta print.

Menurut dia, di wilayah Lamongan tentunya juga mempunyai ciri khas tersendiri, sehingga perlu segera dipatenkan agar tidak diklaim daerah lain.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Lamongan Gunadi mengatakan minat masyarakat dalam membatik di wilayah Lamongan juga mulai berkembang.

Terbukti, kata Gunadi, peserta lomba pembatik di wilayah itu mengalami peningkatan, dari 139 peserta tahun 2014, menjadi 199 peserta lomba desain batik tahun 2015.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign