SDN Empang 2 Budayakan Kesenian Sunda

Bogor, Jabar - SDN Empang 2 di Jalan Empang, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, budayakan kesenian Sunda kepada peserta didiknya, meskipun belum memiliki ruang untuk berlatih. Hal itu bertujuan untuk mendidik anak dalam meningkatkan bakatnya di bidang kesenian.

“Kesenian itu tetap menjadi prioritas SDN Empang 2. Karena kesenian Sunda merupakan bagian dari budaya Kota Bogor yang harus dikembangkan dan diterapkan kepada para siswa di sekolah ini,” ujar Kepala SDN Empang 2, Mulyaningrum ketika ditemui Metropolitan di sekolahnya, kemarin.

Sasarannya, lanjut dia, agar para siswa tetap mencintai budaya kesenian Sunda, meskipun dijaman serba-teknologi seperti sekarang ini. Jadi, menurut dia, kesenian musik Sunda, seperti degungan, sudah mendunia dan suatu kebanggaan bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Kota Bogor. Maka dari itu, masyarakat dan sekolah harus bisa memelihara kebudayaan seni Sunda agar budaya yang kita miliki tidak diakui negara lain.

Sehingga, lanjut Mulyaningrum, kesenian Sunda itu sudah menjadi prioritas dalam memberikan pembelajaran terhadap siswa di sekolah ini. “Kami akan terus berupaya memberikan mutu pendidikan yang baik terhadap siswa guna meningkatkan dan meraih prestasi anak di bidang kesenian,” jelasnya.

Bukan hanya degungan, ia juga menggalakkan kesenian Sunda yang lain. Di antaranya pupuh Sunda, karawitan, puisi Sunda dan lain-lain. “Sekolah kami memiliki 925 siswa dan seluruhnya akan kami bina dalam meningkatkan bakatnya di bidang kesenian, terutama kesenian Sunda,” imbuh Mulyaningrum.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign