Seniman Lansia Denpasar Pentaskan Sendratari Ramayana

Denpasar, Bali - Para seniman lanjut usia (lansia) melakukan pementasan Sendratari Ramayana diiringi Sekaa Gong Lansia Werdha Shanti Kota Denpasar.

Koordinator Sekaa Gong Lansia Werdha Shanti Denpasar Anak Agung Putra di Denpasar, Rabu mengatakan kegiatan pertunjukan kesenian tersebut merupakan ide Wali Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

"Acara pementasan tersebut bertepatan dengan bulan Purnama (bulan penuh) yang diselenggarakan di Lapangan Puputan Badung. Hal ini juga menghibur masyarakat seusai sembahyang di Pura Agung Jagat Natha, yang bersebelahan dengan lapangan tersebut," katanya.

Ia mengatakan pementasan berkaitan dengan "wewalen" (pertunjukan) di Pura Jagat Natha yaitu pergelaran wayang kulit yang sekarang ini ditambah dengan hiburan pertunjukan kesenian di lapangan Puputan Badung, dengan tujuan untuk membangkitkan kembali sinergitas antara kesenian dan spiritual.

"Pertunjukan kesenian ini sudah dimulai sejak bulan lalu saat bulan Purnama Kedasa dengan pementasan kesenian arja remaja dan kali ini akan menampilkan para tokoh-tokoh seniman lansia yang tergabung dalam Sekaa Gong Lansia Werdha Shanti Kota Denpasar berjumlah 60 seniman," ucapnya.

Dikatakan penampilan para tokoh-tokoh seniman kerawitan (penabuh) akan beraksi pada bulan Purnama Sasih Jiyestha pada Kamis (21/4) pukul 19.30 Wita.

Agung Putra juga menambahkan, pertunjukan kesenian ini akan terus diadakan setiap bulan sekali pada saat Purnama dengan menampilkan pertunjukan kesenian yang berbeda-beda.

"Tujuan utama adalah melestarikan seni budaya Bali, selain juga memberikan hiburan kepada pada masyarakat, khususnya warga Denpasar," katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign