Warga Cingambul Komitmen Kembalikan Tradisi Leluhur

Cingambul, Jabar - Pemerintah Desa Cingambul Kecamatan Cingambul menggelar prosesi tradisi para leluhur yang disebut Ngaguar Tradisi Karuhun, di pintu gerbang Makam Keramat Kiai Dinding Bilik Kamis (21/4). Acara tersebut mendapat sambutan dari berbagai kalangan. Tanpa mengenal golongan, ribuan masyarakat Desa Cingambul mengikuti syukuran sambil menikmati berbagai macam hidangan yang dibawa masyarakat untuk dimakan bersama-sama.

Kepala Desa Cingambul, Saripin mengatakan prosesi yang biasa disebut syukuran lembur merupakan upaya membangkitkan semangat kebersamaan dalam rangka melestarikan tradisi dan seni budaya peninggalan nenek moyang. Kegiatan itu merupakan bentuk rasa peduli untuk ngaguar tradisi kuruhun (membuka kembali tradisi sesepuh/nenek moyang). Apalagi tradisi seperti itu sudah puluhan tahun tidak pernah dilaksanakan.

“Tujuan intinya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah yang dilaksanakan setiap setahun sekali, terutama menjelang panen raya padi. Tradisi seperti ini tidak dilakukan di desa kami saja, hampir setiap desa biasanya melakukan. Harapannya masyarakat desa tetap berada dalam lindungan Allah, mendapat limpahan barokah, hasil panen padi melimpah, serta taraf kehidupan masyarakat desa meningkat,” jelas kades.

Acara tersebut juga diharapkan menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong-royong, sekaligus mempererat hubungan silaturahmi antara pemerintah desa dengan seluruh lapisan masyarakat. Kades berharap pertemuan tersebut lebih mempererat silaturahmi. “Khususnya dalam rangka meningkatkan program pembangunan dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Desa Cingambul,” pungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign