Wayang Kulit Tontonan untuk Mencintai Budaya Bangsa

Bojonegoro, Jatim - Masyarakat pecinta wayang kulit berkumpul dihalaman Stadion Letjen. H. Soedirman Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur untuk menyaksikan pertunjukan pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan oleh MPR RI bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika). bersama dalang Ki Sigid Ariyanto dari Rembang dengan lakon “Wahyu Makutoromo”, Sabtu 9 April 2016.

Acara pagelaran wayang kulit ini di hadiri oleh anggota MPR RI, antara lain: Didik Mukrianto, SH. (Fraksi Partai Demokrat), Dr. Anna Mu’awanah, SE., MH. (Fraksi PKB), Drs. H. Kuswiyanto, M.Si.(Fraksi PAN), Prof. Dr. John Pieris, SH., MS. (Kelompok DPD). Sedangkan dari pemerintah daerah hadir Wakil Bupati Bojonegoro Drs. H. Setya Hartono, MM. dan beberapa anggota DPRD Bojonegoro serta jajaran FKPD dan SKPD Kabupaten Bojonegoro.

Tujuan dari pementasan seni budaya wayang kulit ini, seperti disampaikan oleh ketua panita pelaksana Drs. Purwadi, yaitu untuk melakukan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam rangka Internalisasi pemahaman terhadap Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat, khususnya melalui pagelaran seni budaya tradisional dan juga sebagai salah satu bentuk apresiasi sekaligus langkah konkret dan nyata MPR RI dalam upaya melestarikan warisan budaya tradisional, khususnya wayang kulit, yang telah menjadi ciri, jati diri dan kekayaan intelektual bangsa Indonesia yang telah diakui dunia.

Drs. H. Setya Hartono, MM. yang mewakili Bupati Bojonegoro dalam sambutanyamengungkapkan, dalam rangka memiliki tekad bersama dalam memahami Empat Pilar MPR yang melatarbelakangi diselenggarakannya pagelaran wayang semalam suntuk bersama dalang kondang Ki Sigid Ariyanto. Dengan harapan sosialisasi Empat Pilar MPR RI mampu sampai ke sasaran dengan pesan-pesan yang disampaikan dalam alur cerita pagelaran ini.

Setya selanjutnya mengucapakan terimakasih pada MPR RI yang telah memilih Bojonegoro untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR danberharap agar generasi muda menyadari bahwa wayang itu merupakan tontonan danjuga tuntunan agar generasi muda lebih mencintai budaya dalam negeri sendiri,”ujarnya.

Sementara Prof. Dr. John Pieris, SH., MS. mewakili Pimpinan MPR RI dalam sambutanya menegaskan, jika kita ingin tetap dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia maka tidak ada pilihan bagi kita kecuali merawat, menjaga, memelihara, dan merangkul semua lapisan masyarakat termasuk kaum minoritas untuk memperkuat Empat Pilar MPR RI.

Menurut ketua kelompok DPD di MPR RI ini, sekarang ini masyarakat mulai berkurang jiwa kerukunan, toleransi, kebersamaan dan keharmonisan. Hal tersebut merupakan tanda-tanda semakin jauhnya nilai-nilai Pancasila. Dengan keyakinan diselenggarakannya wayang sebagai instrumen sosialisasi diharapkan mampu menjadi tatanan, tontonan dan tuntunan untuk mencintai budaya bangsa jangan sampai tergerus oleh budaya global, kata John Pieris.

Tepat pukul 21.00 WIB dengan penyerahan tokoh wayang oleh John Pieris kepada dalang Ki Sigid Ariyanto menjadi penanda dimulainya pagelaran dengan lakon "Wahyu Makutoromo"yang isi ceritanya mengisahkan tentang pencarian mahkota Sri Batara Rama. Barang siapa memiliki mahkota itu maka akan menjadi sakti dan kelak akan menurunkan raja-raja yang memerintah di Marcapada. Karena berkasiat menurunkan raja-raja, mahkota itu kemudian disebut sebagai "Wahyu Makutoromo".

-

Arsip Blog

Recent Posts