Awali Puasa, Warga di Magelang "Perang Air"

Magelang, Jateng - Warga Dusun Dawung, Desa Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, menggelar tradisi perang air atau dikenal dengan "Bajong Banyu" untuk menyambut bulan Ramadhan.

Tradisi yang digelar untuk ketiga kalinya ini diikuti oleh seluruh warga dan perangkat desa setempat di lapangan Dusun Dawung. Warga selalu antusias mengikuti tradisi ini.

Kegiatan diawali dengan pertunjukan pentas seni tradisional oleh anak-anak Dusun Dawung. Mereka lincah menari Kuda Lumping, Topeng Ireng, dan lainnya.

Selanjutnya warga yang dipimpin oleh para perangkat desa dan tokoh masyarakat melakukan kirab berjalan kaki menuju air sendang (sumber air) atau disebuk Tuk Dawung yang berjarak sekitar 500 meter dari lapangan dusun.

Peserta kirab seluruhnya mengenakan busana adat Jawa dan diiringi musik tradisional. Para perangkat desa kemudian mengambil air dari sendang lalu ditampung di kendi-kendi yang dibawa oleh peserta kirab. Mereka berdoa terlebih dahulu sebelum mengambil air tersebut.

Setelah itu peserta kembali melakukan kirab menuju lapangan dusun. Air yang di dalam kendi-kendi itu kemudian dituangkan ke dalam ember besar. Berikutnya, secara simbolis lima orang membasuh mukanya dengan air tersebut.

Setelah itu perang air dimulai. Warga yang berada di lapangan tersebut, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa, saling melempar air yang sebelumnya diwadahi plastik. Suasana akrab, ceria, tawa, terlihat selama perang air berlangsung.

"Bajong air ini simbol membersihkan diri, kami memohon ampun kepada Tuhan, kami juga saling minta maaf kepada sesama agar saat kita menjalani ibadah puasa dalam keadaan bersih lahir batin," ucap Sudarmodjo (51), Ketua RT 03 RW 09 Dusun Dawung, Minggu (5/6/2016) sore.

Walmi (43), salah satu warga Dusun Dawung, mengaku gembira bisa ikut perang air. Ia sendiri selalu menjadi penari untuk kegiatan ini. Ia juga rela berbasah-basah bersama warga lainnya.

"Kami bentuk kegembiraan kami menyambut Ramadhan, sekaligus saling membersihkan diri, bersih badan juga bersih hati kami," kata dia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign