Dari Parade Tari Sampai Festival Lagu Melayu Bakal Digelar di Taman Budaya Riau

Pekanbaru, Riau - Berbagai rangkaian acara telah disiapkan pihak UPT Museum Daerah dan Taman Budaya Provinsi Riau selama bulan Mei 2016.

Salah satu acara yang terdekat adalah "Festival Lagu Melayu". Acara ini akan diselenggarakan mulai tanggal 16-18 Mei 2016, sementara untuk "Parade Tari" akan dilaksanakan tanggal 26-28 Mei 2016 mendatang.

"Khusus untuk parade tari, nantinya yang terpilih menjadi penampil terbaik akan dibawa mengikuti acara Parade Tari tingkat nasional di Bangka Belitung," ungkap KUPT Museum dan Taman Budaya Riau, Sri Mecka kepada GoRiau.com (GoNews Group) Jumat (13/05/2016) siang.

Sementara itu kata Sri Mecka, pada tanggal 24 Mei 2016 juga akan diadakan "Pasar Seni Taman Budaya" acara ini nantinya akan diisi dengan berbagai pertunjukan dari Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Saat ini kabupaten yang sudah tampil di Taman Budaya ada dua Kabupaten yaitu Kabupaten Kuantan Singingi yang terkenal akan kesenian Randainya dan juga diisi Dewan Kesenian Kabupaten Kuansing," tukasnya.

Menurutnya, saat ini beberapa Kabupaten di Riau menyambut antusias dengan adanya wadah kesenian daerah yang disediakan di Taman Budaya Riau. "Sangking antusiasnya, sudah banyak Kabupaten/Kota yang mengajukan jadwal untuk mengisi acara di sini. Meraka juga ingin menampilakn kesenian-kesenian khas daerah masing-masing, Insya Allah tahun depan sudah kita susun program kegiatan di Taman Budaya. Dimana 12 Kab/kota akan kita hadirkan," ujarnya.

Masih soal jadwal kegiatan di Taman Budaya Riau, Sri Mecka juga menjelaskan, pada tanggal 28-30 Mei 2016 nanti juga akan diadakan Festival Seni Islami, dimana acara tersebut sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

"Di bulan Mei ini juga kita ada kegiatan Audisi Gita Bahana yang akan diikuti Siswa/siswa SMA seprovinsi Riau, dimana penampil terbaik akan dikirim ke Jakarta guna mengikuti Aubade dalam memperingati Detik detik Kemerdekaan Republik Indonesia," jelasnya.

Sementara untuk kegiatan di Museum Daerah Sang Nila Utama akan diadakan Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan yang akan diikuti oleh Siswa Siswi SMP Se Kab/kota di Provinsi Riau, pada tanggal 15-18 Mei 2016.

"Bagi pemenang cerdas cermat ini, nantinya akan dikirim untuk mengikuti LCC Kebudayaan tingkat nasional yang akan diadakan pada bulan Agustus. Dimana pada saat tahun 2015 yang lalu, Provinsi Riau diwakili SMP Global Andalan Kabupaten pelalawan dan pada saat itu mendapat Juara II tingkat nasional. Mudah-mudahan tahun ini kita dapat meningkatkan prestasi lebih baik lagi," kata wanita cantik bejilbab ini.

Bukan hanya itu, UPT Museum dan Taman Budaya juga akan menggelar lomba "Karya Ilmiah Kebudayaan". Lomba ini akan diselenggarakan pada tanggal 19-21 Mei 2016.

"Lomba Karya Ilmiah Kebudayaan tingkat SMA ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta pelajar kita akan kebudayaan terutama Kebudayaan Melayu Riau. Museum Daerah Riau juga akan mengadakan Pameran Museum keliling Daerah Kabupaten/Kota. Tahun ini akan di awali dari Kabupaten Pelalawan, dengan tujuan memperkenalkan koleksi koleksi yang ada di Museum Daerah Sang Nila utama kepada masyarakat yang belum berkesempatan melihat ke Museum, kita berharap dapat menumbuhkan" Museum Dihatiku" bagi masyarakat Riau," timpalnya lagi.

Kegiatan terakhir, saat ini Tim dari Perpustakaan Nasional sedang berada dimuseum Sang Nila Utama dengan tujuan untuk merawat koleksi "Naskah Naskah Kuno".

"Perawatan ini kita upayakan, supaya sejarah dan peninggalan naskah naskah kita tetap terawat dan tetap bisa dinikmati masyarakat pecinta Museum," pungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign