Festival Jajanan Pasar Nusantara 2016 Digelar di Yogyakarta

Sleman, DIY - Selama dua hari mulai Kamis (2/6/2016), Kementerian Pariwisata menggelar Festival Jajanan Pasar Nusantara 2016 yang berlangsung di DI Yogyakarta. Ada banyak jajanan pasar dari berbagai daerah di Nusantara.

Festival Jajanan Pasar Nusantara tahun ini digelar di Taman Kuliner Condong Catur, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Selama dua hari yakni 2-3 Juni 2016, warga dan wisatawan bisa mencicipi aneka jajanan khas berbagai wilayah Indonesia.

"Jogja merupakan salah satu kota destinasi utama wisata kuliner di Indonesia. Berbagai macam sajian kuliner mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima banyak dijumpai di kota ini," tutur Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty M.Si dalam rilis yang diterima KompasTravel, Kamis (2/6/2016).

Festival ini resmi dibuka oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam rangka mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Selain juga, untuk mempromosikan Yogyakarta sebagai destinasi wisata kuliner unggulan.

Esthy menjelaskan, Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata kuliner unggulan. Beberapa kota lainnya adalah Bandung, Solo, Semarang, dan Bali. Kuliner dan pariwisata merupakan elemen penting dalam ekonomi kreatif karena memberikan kontribusi yang besar terhadap ekonomi nasional.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah menyebutkan, sekitar 40 persen pengeluaran wisatawan di Indonesia adalah untuk kuliner.

Wisata kuliner merupakan bagian dari pengembangan potensi budaya (culture) sebesar 65 persen yang dikembangkan sebagai wisata warisan budaya dan sejarah (heritage and pilgrim tourism) sebesar 20 persen, wisata belanja dan kuliner (culinary and shopping tourism) sebesar 45 persen, juga wisata kota dan desa (city and village tourism) sebesar 35 persen.

Selain mencicipi aneka jajanan pasar dari seluruh Nusantara, wisatawan juga bisa ikut serta dalam lomba dan demo pembuatan makanan tradisional. Festival ini juga dimeriahkan oleh penampilan grup band Ibu Kota, Letto, serta beragam kesenian tradisional.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign