Festival Pesona Gandoriah 2016 Resmi Dibuka, Pelancong Padati Pantai Gandoriah

Pariaman, Sumbar - Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata Kota Pariaman mengadakan Festival Pesona Gandoriah pada 28 Mei hingga 1 Juni 2016 di Pantai Gandoriah, dan kegiatan ini dibuka Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Priadi Syukur, Sabtu (28/5).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pariaman Priadi Syukur menyatakan kebanggaannya atas promosi wisata yang telah dilakukan oleh Kota Pariaman, karena hal ini sangat menunjang aspek pendapatan daerah dan mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

Ia berharap dengan terselenggaranya acara ini, Pemkot Pariaman bersama aparatur Polres Pariaman dan TNI mampu menjaga norma-norma dan aturan kaidah yang sesuai dengan adat, budaya dan agama daerah serta mampu mengangkat kreatifitas kesenian tradisional yang sudah mulai terkikis dimakan zaman, dan menjaga keamanan, kebersihan dan ketertiban acara.

Gubernur Sumbar memberikan apresiasi atas diselenggarakanya event Festival Pesona Gandoriah ini, mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Sumatera Barat khususnya Kota Pariaman,dan event ini dapat dijadikan sebagai event tahunan.

Sebelumnya, kata Kadis Pemuda dan olahraga Propinsi Sumatera Barat, Pariaman sudah dikenal oleh para wisatawan baik nusantara maupun manca negara dengan wisata budaya tabuiknya, dan sekarang banyak event yang dilahirkan Pemerintah Kota Pariaman untuk menarik turis datang ke Kota ini.

"Pariaman banyak kegiatan menarik dan menjadi perhatian wisatawan nusantara dan internasional, ada Tabuik, Triatlon, Volli Pantai, festival Pesona Gandoriah, dan kegiatan lainnya, tapi perlu didukung dengan promosi yang gencar, ketertiban, keamanan, kebersihan dan harga harus dijaga." Ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman dalam sambutanya menyebutkan bahwa pariwisata merupakan kebijakan strategis Pemerintah Kota Pariaman, sebagai daerah destinasi wisata, sejalan dengan visi Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, adat, dan agama. Wisata mampu sebagai daya ungkit pertumbuhan ekonomi daerah.

"Tujuh tahun terakhir, pariwisata terus kita tingkatkan, strategi pemasaran dan event strategis menjadi kemasan produk yang mampu dipasarkan." Tutur Walikota Pariaman.

Dengan menggelar banyak event, lanjut Mukhlis, mampu meningkatkan kunjungan wisata, tentu butuh bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif Propinsi Sumatera Barat dalam menggelar event di Kota Pariaman serta mengikut sertakan negara lain.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Efendi Jamal, mengatakan festival pesona gandoriah ini mendukung dari kegiatan nasional yaitu program pesona Indonesia. Festival Gandoriah diadakan tanggal 28 Mei sampai 1 Juni 2016 di pantai gandoriah,

"Selama 5 hari festival ini, diisi dengan acara bazar dan hiburan rakyat, diantaranya lomba layang-layang kreasi yang diikuti 6 negara, workshop layang-layang, lomba kuliner masak kapalo ikan, gandoriah musik fiesta, selaju sampan, lomba lagu minang anak-anak dan dewasa, lomba surfing, lomba foto dan video pariwisata, lomba kuliner berbagai jenis sala dan lomba baruak memanjat kelapa." Ujarnya.

Festival pesona gandoriah didukung oleh Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi Sumatera Barat, Perbankan dan Stakholder terkait lainya. Selain itu acara ini juga dimeriahkan oleh Penampilan dari Ratu Sikumbang yang mendapat antusiasme masyarakat yang hadir. Selain lomba layang-layang yang mendapat decak kagum dari pengunjung yang memadati Pantai Gandoriah.

Acara pembukaan event ini juga dihadiri oleh Wako Mukhlis Rahman dan istri Ny. Reni Mukhlis, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan istri Lucy Genius,Ketua DPRD Pariaman dan istri, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Endarmi,Kapolres Kota Pariaman AKBP Ricko Junaldi, Dandim 0308 Pariaman Letkol Endro Nurbiantoro, Kajari Pariaman Yulitaria, Kepala SKPD, Kabag, Camat dan para tamu lainnya yang hadir.

-

Arsip Blog

Recent Posts