Seni Rekonstruksi Tampil di PKB Ke-38

Mangupura, Bali - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, akan menampilkan atraksi seni rekonstruksi dalam kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 yang melibatkan sejumlah elemen masyarakat di daerah itu.

"Seni rekonstruksi yang saya maksud adalah pertunjukkan arja cupak gerantang dari Banjar Blumbang, Desa Penarungan Mengwi, Badung," kata Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Badung, Bali, IB Anom Bhasma di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, dengan menampilkan seni arja cupak gerantang ini ingin membangkitkan kembali kesenian tersebut yang sempat berjaya pada masanya.

Anom Bhasma mengatakan, untuk anggaran PKB Tahun 2016 yang disiapkan Pemkab Badung sebanyak Rp3 miliar.

"Anggaran besar tersebut digunakan mulai dari persiapan di sejumlah komunitas kesenian hingga seniman di desa adat maupun banjar adat," ujarnya

Ia mengharapkan, seluruh seniman yang terlibat dapat memberikan penampilan terbaiknya dalam acara tahunan itu.

"Kami memberikan apresiasi kepada semua seniman yang akan tampil di ajang PKB, semoga memberikan yang maksimal dan menujukan kreativitasnya," katanya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan itu akan, melibatkan sekitar 3000 orang seniman yang persiapannya sudah rampung 99 persen.

Untuk pawai pembukaan nanti, kata dia, seniman Badung akan dilibatkan 600 orang yang dikoordinir sanggar Sekar karang Gumitir desa Bongkasa.

"Badung akan mengikuti seluruh jenis lomba pada PKB 2016 dan semua jenis peggelaran kami ikuti," ujarnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign