Tarian dan Pakaian Khas Dayak Jadi Magnet Festival Budaya Isen Mulang

Palangkaraya, Kalteng - Suasana kawasan Bundaran Besar Palangkaraya Kalimantan Tengah, Rabu (18/5/2016) semarak.

Ribuan warga Kalimantan Tengah tumplek disepanjang jalan lokasi pawai budaya.

Jalan yang dilalui rombongan karnaval budaya dengan pakaian khas adat dayak Kalteng ini dipenuhi para penonton yang ingin menyaksikan event tahunan yang sudah masuk dalam kalender budaya nasional ini.

Kegiatan pawai budaya tersebut sebagai bagian dari rangkaian kegiatan untuk Festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan pembukaan tersebut secara resmi dibuka oleh Pj Gubernur Kalimantan Tengah, Hadi Prabowo, Rabu (18/5/2016) siang menjelang sore.

Persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut sudah terlihat dengan dibangunnya tenda untuk kegiatan pawai budaya di Kawasan Bundaran Besar Palangkaraya, Selasa (17/5/2016) kemarin.

Festival Budaya Isen Mulang dimulai tanggal 18-21 Mei 2016 di Kota Cantik Palangkaraya.

Kegiatan Festival budaya ini merupakan upaya untuk melestarikan seni dan budaya daerah ini, sehingga tidak pupus ditelan zaman.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya di antaranya menggelar berbagai event budaya, seperti Lomba Balogo, Lomba Manewang, Manetek, Manyila Kayu, Lomba Lagu Budaya Karungut, Sepak Sawut, Besei Kambe dan lainnya.

Event budaya tersebut akan dilaksanakan di sejumlah tempat di Palangkaraya, yakni Sungai Kahayan tepatnya di bawah Jembatan Kahayan, Lingkungan Museum Balanga, ‎Lapangan Temanggung Tilung yang akan diikuti oleh 13 Kabupaten dan satu Kota se Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata Kalteng, Yuel Tanggara, mengatajan, perayaan tahun ini dilaksanakan cukup meriah yang dihadiri bukan hanya warga lokal tetapi banyak juga turis asing.

"Kegiatan ini, diikuti kabupaten dan kota di Kalteng mereka mengirimkan perwakilannya untuk memeriahkan festival ini." katanya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign