Dibuka Hari Ini, Pesona Indonesia Turut Semarakkan Pesta Kesenian Bali

Denpasar, Bali - Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, bakal hadir pada pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38, Sabtu (11/6/2016). PKB berlangsung 11 Juni sampai 9 Juli 2016 di Taman Budaya, Art Center, Bali.

Menurut Arief Yahya, kegiatan yang didukung Pesona Indonesia ini merupakan pesta kesenian dari 9 kabupaten kota se-Bali. Beberapa daerah lain, tahun lalu juga ikut tampil, seperti Banyuwangi, NTT, dan lainnya.

“Presiden berkenan hadir di acara ini, besok (hari ini), 11 Juni 2016,” ujar Menpar Arief Yahya dalam siaran pers Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar kepada KompasTravel, Jumat (10/6/2016).

Bali, adalah pintu masuk untuk wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Sedikitnya 40 persen wisman masuk via Bali, 30 persen Jakarta dan 20 persen Kepulauan Riau. Karena itu, Bali adalah pintu masuk yang paling strategis selama ini.

“Dan, tiga greater itu terus dipromosikan oleh Kemenpar. Sekarang ditambah dengan 10 top destinasi baru,” kata Arief Yahya.

PKB juga mengukuhkan Pulau Dewata yang tidak pernah sepi memanjakan wisman maupun wisatawan nusantara (wisnus). Tidak tanggung-tanggung Bali akan menyajikan pesta besar hampir satu bulan penuh tanpa jeda.

”Pesta ini selalu dibuka oleh bapak Presiden seperti tahun-tahun sebelumnya karena begitu besarnya acara rakyat Bali ini. Acaranya beragam dan bisa membuat wisatawan semakin nyaman di Bali dan semakin terpesona. Masyarakat Bali biasa menyebut dengan panggilan PKB,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali, AA Gede Agung Yuniartha.

Lebih lanjut Agung mengatakan, PKB merupakan wadah penggalian, pelestarian dan pengembangan seni budaya Bali. Ini penting, dan telah dirasakan memberikan kontribusi dan motivasi yang tinggi kepada masyarakat dalam mengapresiasi dan meningkatkan mutu seni budaya di Bali.

PKB ini merupakan festival kesenian yang sangat besar dan menjadi agenda rutin. PKB pertama kali diperkenalkan pada tahun 1979 oleh Ida Bagus Mantra, Gubernur Bali pada waktu itu.

”Kami ingin para pelaku seni yang ada di Bali selalu berinovasi dan selalu memberikan kreatifitas-kreatifitas terbaik yang mereka miliki,” kata Agung. Pada pembukaan nanti rencananya menampilkan pawai kesenian dari 9 Kabupaten dan Kota yang ada di Bali.

Bukan hanya Bali yang menjadi tuan rumah festival ini. Menurut Agung, pihaknya juga mengundang daerah sekitarnya untuk ikut serta dalam memeriahkan pembukaan festival besar ini.

”Seperti tahun 2015 lalu Bali mengundang NTT sebagai tamu kehormatan untuk ikut mengisi pawai ini. Dalam pawai ini mereka menampilkan pakaian adat daerah, tari-tarian, gamelan dan kesenian lainnya,” ujarnya.

Pawai ini biasanya dilakukan di seputaran Monumen Bajra Sandhi Denpasar dan pembukaan dari festival Kesenian Bali ini akan dibuka oleh Presiden atau Wakil Presiden. “Setiap tahun Pesta Kesenian Bali selalu mengusung tema-tema unik yang berbeda-beda dan yang memiliki arti tersendiri,” bebernya.

Menurut Agung, rentetan acara akan berlangsung di Taman Budaya Ardha Candra Denpasar atau lebih populer dengan nama Art Center. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai jenis perlombaan, kerajinan rumah tangga, pameran industri kecil yang diikuti oleh banyak peserta.

”Dalam acara yang berlangsung selama sebulan ini kita dapat menyaksikan teater Bali modern, festival kuliner yang banyak menyajikan makanan lokal khas daerah maupun makanan ringan, ada pula pertunjukan musik, serta tari-tarian kontemporer yang sangat mengagumkan,” ujar Agung sumringah.

Beberapa lomba-lomba yang selalu diadakan Pesta Kesenian, imbuh Agung, seperti lomba menulis sastra, kerajinan tangan, lukisan dan kompetisi lainnya juga akan dilaksanakan dan dimasukkan agenda.

”PKB juga diisi banyak parade seperti, Parade Kuliner, Parade Fashion, Parade Nglawang, Dramatari, Parade Gong Kebyar, Joged Bumbung dan lain-lainnya. Semua sudut tempat di Art Center ini akan dipenuhi oleh sorak riang penonton karena acara ini tidak hanya terfokus pada satu titik, melainkan di semua sisi. Jadi bisa kita bayangkan betapa meriahnya acara ini,” tambah Agung.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign