Festival Colok Bengkalis Tahun Ini Diprediksi Lebih Meriah

Bengkalis, Riau - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Disbuparpora Bengkalis memprediksi jika festival lampu colok tahun 2016 ini, akan lebih meriah dibanding tahun lalu. Ini terlihat dari banyaknya kelompok masyarakat dan pengurus mesjid yang mendaftar ke Disbudparpora untuk ikut festival yang nantinya akan dibuka pada 1 Juli 2016.

Kepala Disbudparpora Bengkalis melalui Kasie Kebudayaan M Nawawi yang dihubungi Rabu (23/6/2016) menyebutkan saat ini sudah ada sekitar 34 kelompok masyarakat dan pengurus masjid yang mendaftar mengikuti festival colok. Kemungkinan jumlah peserta akan lebih banyak lagi mengingat masih ada tersisa waktu 8 hari lagi jelang festival colok dibuka.

Sama seperti tahun lalu, pada fesitval colok tahun ini yang akan dipusatkan di desa Simpang Ayam kecamatan Bengkalis, pemkab Bengkalis melalui Disbudparpora memberikan bantuan dana untuk peserta. Namun jumlahnya menurun dari tahun 2015.

"Bantuan yang kita berikan jumlahnya berkurang dari tahun lalu. Bantuan itu hanya sebagai bentuk turut membantu untuk keperluan colok. Apakah untuk membeli minyak atau untuk pembuatan gapura. Kita serahkan pada pengurusnya," kata Nawawi.

Disamping jumlah bantuan yang berkurang, untuk hadiah para pemenang juga berkurang. Jika tahun lalu juara I mendapatkan hadiah uang tunai 7 juta, tahun ini menjadi Rp5 juta.

"Namun sepertinya berkurangnya jumlah bantuan dan hadiah yang diberikan tidaklah menyurutkan semangat masyarakat untuk memeriahkan malam tujuh likur Ramadhan ini dengan nyala lampu colok. Karena colok inilah ciri khas dan budaya kita di Bengkalis dalam menyambut lebaran, dan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat," ucap Nawawi lagi.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign