Juli, Pesta Sungai Bokor VI

Rangsang Barat, Riau - Menyambut pelaksanaan Pesta Sungai Bokor ke 6 tahun 2016 pada bulan Juli mendatang, pihak panitia sudah mulai menyiapkan berbagai persiapan. Mulai dari mengatur lokasi panggung acara hingga rangkaian kegiatan serta tamu undangan.

Ketua Sanggar Bathin Galang Desa Wisata Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Sopandi S Sos, menuturkan ahad (12/6) untuk tahun 2016 ini panitia akan menggelar perhelatan dengan panggung utama yang berada di jembatan Perembang atau tepatnya di tepi Sungai Bokor.

"Kalau tidak ada aral melintang, pesta sungai kita laksanakan Juli nanti," ujarnya yang mendapatkan anugrah sagang sebagai sanggar terbaik pada tahun 2015 lalu.

Dia juga menambahkan beberapa jenis buah-buahan khas desa yang berada di hulu sungai itu saat ini sudah pula mulai berputik dan diprediksi akan mulai matang dan bisa dipanen serentak saat pesta sungai bokor nantinya Beragam buah yang menjadi potensi agro wisata desa itu, antara lain durian, cempedak, rambutan, pulas, kundang, rambai dan beragam jenis buah lainnya.

"Nanti akan ada pesta buah dalam kegiatan itu. Pengunjung bisa menikmati dengan mendatangi langsung kebun-kebun buah yang ada di Bokor," ungkapnya.

Seperti biasa, kata Sopandi lagi, kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun itu selain menampilkan pentas seni musik dan tari, juga akan diisi oleh berbagai permain tradisional masyarakat melayu setempat. Seperti lomba lari diatas tual sagu, ngolek tual sagu, main seningkik, main gasing, dan mancing senepak.

"Rencananya juga akan dibuka dengan tradisi ratib saman dan bele kampung. Ini sebagai upaya kita menghidupkan kembali tradisi-tradisi lama yang sudah mulai hilang," sebut lelaki peraih rekor Muri kategori pelestari seni budaya itu.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign