Menikmati Menu Khas Melayu dari Kampoeng Deli

Medan, Sumut - Bagi yang ingin berbuka puasa dengan menu nasi sombang dipadu dengan ayam mogab, kerang rebus khas Kampoeng Deli atau minuman khas melayu seperti seri Deli, air mata pengantin dan kaksama mengamuk, es poci durjana, datanglah ke Kampoeng Deli Sumatera Utara (Sumut).

Kawasan yang berada di Jalan Kapten Muslim Kota Medan ini merupakan surga kuliner bagi penduduk kota setempat dan Sumut umumnya. Kenikmatan merasakan lezatnya menu khas melayu itu ditopang dengan suasana tempat dihiasi dengan ornamen budaya melayu. Mulai dari bentuk bangunan, interior bangunan yang penuh dengan warna khas melayu, kuning.

"Kita memiliki makanan dan minuman khas melayu yang bisa dirasakan konsumen kita di Kampoeng Melayu," ungkap Manager Kampoeng Deli, Joko kepada Sumut Pos (Jawa Pos Group) dilansir Rabu (22/6).

Dikatakan Joko, Kampoeng Deli ini merupakan tempat nongkrong bagi anak-anak Medan.

Lebih jauh dia menjelaskan, pusat kuliner yang dikelolanya itu sangat khas Kemelayuannya, karena karena menu yang disajikan menggunakan bahan baku berupa rempah-rempah terbaik. Jadi, sangat nikmat disantap saat berbuka puasa.

"Untuk Nasi sombang, terdiri nasi yang dibumbuhi, cabe merah dan rempah khas Sumatera khas kampung dengan dibungkus daun pisang dan teri nasi baru dibakar. Sedangkan, Ayam mogab, ayam digoreng kering dengan cabai hijau. Bumbu khas kampoeng Deli. Terutama kerang rebus yang segar dan sambel yang enak dan lezat," jelasnya.

Begitu juga dengan minumannya. Untuk menu minuman Sri Deli, menggunakan bahan terdiri dari daun sereh dipadu dengan jahe yang sudah dibakar. Lantas semua bahan itu diblender dan dikemas secara modern.

Dia mengungkapkan, ada menu hasil racikan dari khas Kampoeng Deli, yakni Duvo, durian pokat, kopi durian. "Minuman seperti ini tidak akan ditemukan di tempat lain. Hanya di Kampoeng Deli ini," cetusnya.

Di bulan Ramadan ini Kampoeng Deli memberikan paket Berkah untuk konsumennya dengan mematok harga Rp 30 ribu. "Dengan Rp 30 ribu, pengunjung bisa menikmati makanan lezat untuk berbuka puasa di Kampoeng Deli," tutur Joko.

Sementara itu, Rudi Hermasyah salah satu pengelola kuliner lainnya di Kampoeng Deli, di tempanya menyiapkan menu makan yang enak dan murah, seperti Kerang Rebus Kampoeng Deli. Kekhasan kerang rebus ini karena tidak menggunakan penyedap.

"Kerang rebus di Kampoeng Deli sangat nikmat dengan saji sambal yang sangat khas dari Melayu. Cukup harga Rp 15 ribu, konsumen bisa merasakan lezatnya kerang rebus yang kita sajikan," sebut pria berkacamata itu.

Dia menyebutkan kerang rebus Kampoeng Deli merupakan kerang pilihan dengan mengutamakan kesegaran dari kerang yang berasal dari Tanjung Balai dan Belawan. "Kerangnya kita beli dari kualitas kerang yang bagus dan segar-segar sehingga terjamin kualitas rasanya," tandas Rudi.

Agar suasana berasa islami menjelanng buka puasa, Kampoeng Deli juga menghibur pengunjungnya dengan menyajikan live music religi. Live musik ini setiap harinya menampilk grup nasyid yang digelar sebelum berbuka puasa hingga selesai.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign