Pentas Reog Wayang dan Ketoprak Lesung Buka Pasar Kangen

Yogyakarta - Pasar Kangen kembali digelar sejak pertama kali diadakan pada tahun 2007 lalu. Tahun ini, Pasar Kangen mengangkat tema "Pasar Ojo Ilang Kumandange" untuk mengingatkan kembali akan pentingnya keberadaan pasar tradisional.

Pasar Kangen dibuka pukul 16.00 WIB, Selasa (19/7), di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pasar Kangen diawali dengan pentas seni budaya khas Yogyakarta.

Dua kreasi seni budaya tersebut ialah reog wayang dan ketoprak lesung. Keduanya dipentaskan di atas panggung khusus. Kedua seni tradisi ini sengaja dipentaskan untuk menambah karakter kelawasan Pasar Kangen.

Selain mengadakan stan kuliner lawas, panitia juga menyediakan stan untuk kerajinan seni tradisional.

"Jenis kesenian tradisi yang bakal adalah keroncong, jathilan, reog, wayang orang, ketoprak, wayang kulit, ndolalak, angguk, dan kesenian tradisi lainnya. Juga bakal diramaikan 200 lukisan wayang nusantara," kata Ketua Panitia Pasar Kangen Ong Hariwahyu di TBY, Kota Yogyakarta, Selasa (19/7).

Bahkan, bagi penjaga stan, panitia mewajibkan untuk menggunakan pakaian tradisional. Seluruhnya merupakan pakaian tradisional khas Jawa.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign