Riau Siap Gelar Festival Pantai Rupat

Pekanbaru, Riau - Pemerintah daerah didukung oleh Kementerian Pariwisata menyatakan siap untuk menggelar Festival Pantai Rupat pada 15-17 Juli 2016 di Pantai Pesona Teluk Rhu Rupat Utara di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"Festival Pantai Rupat ini adalah agenda wisata baru yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal Usman, di Pekanbaru, Selasa.

Fahmizal menjelaskan, dinas pariwisata mendorong agar agenda wisata mendapat respons yang besar melalui promosi secara digital di berbagai media.

Selain itu, ia mengatakan, Kementerian Pariwisata juga memberikan bantuan untuk penyelenggaraan festival tersebut.

"Kita berharap acara ini juga menyedot banyak wisatawan dari Malaysia karena jaraknya cukup dekat ke Pulau Rupat," ujarnya.

Festival di Pulau Rupat tersebut akan diisi dengan berbagai hiburan, yang paling unik adalah penampilan Zapin Api. Seni tari ini merupakan budaya khas daerah yang mulai langka, menampilkan penari di atas bara api.

Acara lainnya adalah lomba mencari kerang kepah, panjat pinang di pantai, lomba selancar angin, dan lomba perahu pancung. Selain itu, akan ada juga atraksi parade perahu hias, jalan santai di tepi pantai dan atraksi seni budaya lokal.

Untuk fasilitas penginapan di Rupat Utara, terdapat 20 homestay yang sudah mendapat label dari dinas pariwisata, tujuh wisma dan satu hotel nonbintang.

Ia menjelaskan, untuk menuju Pantai Rupat Utara bisa melalui Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Dari pelabuhan Dumai sudah ada layanan penyeberangan kapal roro yang beroperasi hingga pukul 02.00 WIB setiap hari menuju Pelabuhan Tanjung Medang.

Dari Pelabuhan Tanjung Medang, wisatawan menempuh perjalanan darat sekitar dua jam ke lokasi acara.

"Wisatawan dari Malaysia bisa menggunakan kapal ke Pelabuhan Dumai dari Malaka. Beberapa operator travel sudah mulai menawarkan paket wisata ke sana," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts