Dispora Kukar Gelar Lomba Olahraga Tradisional

Tenggarong, Kaltim - Guna menyemarakan pesta adat Erau Internasional Folklore and Art Festival (EIFAF) 2016, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara berencana akan menggelar sejumlah olahraga tradisional.

Seperti lomba dangongan, enggrang, gasing, menyumpit, hadang, logo, kelom panjang, behempas rotan dan behempas bantal, serta lomba gubang dan perahu naga.

Tajuddin mengatakan, lomba ini sebagai wujud pemerintah untuk pelestarian dan mempertahankan budaya Kutai yang semakin terkikis oleh perkembangan zaman. “Ini bukti Pemkab Kukar melestarikan budaya asli Kutai,” ujarnya.

Perlombaan ini sendiri akan dimulai sejak tanggal 21-27 Agustus 2016. Panitia bahkan telah menentukan tiga titik perlombaan olahraga tradisional ini, seperti di sungai Mahakam, depan kantor Telkom Tenggarong, dan Lapangan Pemuda.

“Kalau di sungai Mahakam, lokasi persisnya di depan pesantren KKPP Tenggarong,” ujarnya.

Tajuddin berharap partisipasi seluruh kecamatan di Kukar agar turut serta mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba tradisional ini. “Kami harap masing-masing kecamatan ikut memeriahkan lomba olahraga tradisional ini.” harapnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign