Festival Lancang Kuning: Tarian dari Unsur Silat akan Ditampilkan

Pekanbaru, Riau - Gerakan yang ringkas dan bersemangat tersaji dalam tarian bertajuk “Sejauh Langkah” anak-anak sanggar seni Seri Kemuning, di Bagansiapi-api kemarin malam. Menyadur dari semangat gerakan silat yang kokoh dan tangkas, bertumpu pada kekuatan kaki serta kelincahan tangan, tarian yang diciptakan seniman lokal itu akan tampil ambil pada Festival Lancang Kuning sempena HUT Provinsi Riau 9 Agustus di Pekanbaru.

“Tariannya sangat bagus. Berkaitan erat dengan budaya silat. Seperti yang kita tahu bahwa silat ini merupakan hal yang penting dalam hidup orang Melayu yang sampai saat ini masih dipertahankan seperti dalam pernikahan,” ujar kabid Bina Kebudayaan Disbudparpora Rohil Drs Jamaris, Rabu (3/8).

Selain mengandalkan keindahan tarian semangat yang dibawa dan ditampilkan sangat tepat bila dikaitkan dengan momentum peringatan hari jadi Riau.

“Saya yakin tarian ini nantinya bisa masuk ke dalam kategori penilaian,” tambah Jamaris. Festival Seni se-Riau itu terangnya terpusat di taman Budaya pada 8 Agustus, selain itu pihak Disbudparpora yang diundang juga mewakilkan peserta untuk mengikuti pawai dengan miniatur yang dipersiapkan berupa Lancang Kuning.

Lancang Kuning adalah sebuah perahu tradisional dalam hikayat lama orang Melayu Rohil, dan kini menjadi simbol dalam budaya pengobatan dengan ramuan dan herbal serta mengandung unsur magis.

“Jumlah peserta yang kami utus sebanyak 30 orang. Nanti mereka tampil untuk tarian dan pawai. Sejauh ini persiapan terus dilakukan. Untuk jadwal keberangkatan diagendakan 6 Agustus, dan miniaturnya nanti disiapkan di Pekanbaru dengan seluruh akomodasi dari Disbudparpora Riau,” kata mantan guru SMP Negeri I Bangko ini.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign