Festival Musik Melayu Tahunan Sukses Digelar di Jakarta

Jakarta - Acara Jakarta Melayu Festival, yang digelar di Pantai Pasir Putih Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (20/8) berlangsung meriah. Sejumlah tokoh politik dan duta besar negara sahabat pun menghadiri acara tahunan tersebut.

Ketua panitia acara, Geiz Khalifah, mengatakan musik melayu adalah identitas bangsa dan tidak boleh hilang, sehingga acara ini akan terus digelar.

Musisi yang ikut tampil mendendangkan syair lagu melayu pada Jakarta Melayu Festival ke-5 ini, di antaranya Grup Band Amigos, Niken Astari, Darmansyar dan Iyeth Bustami.

Sejumlah tokoh yang hadir pada gelaran musik melayu tersebut adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, mantan Ketua KPK Taufiqurachman Ruki, anggota DPR Kurtubi dan Irgan Chairil Mahfuz, serta Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Anies mengatakan, kekuatan musik melayu tidak hanya pada harmoni, tetapi juga pada lirik, sehingga mudah diterima pendengarnya.

Menurut Anies, di dalam musik ada syair yang bisa masuk ke alam sadar pendengarnya. Dan musik melayu sarat akan pesan moral tentang kehidupan dan keindahan alam.

"Upaya untuk bisa melestarikan dan mengembangkan musik melayu pada generasi muda perlu dilakukan sejak dini. Musik ini dapat diperdengarkan saat anak-anak dalam perjalanan ke sekolah," kata Anies.

"Ingatan dari anak tentang musik bergenre melayu tersebut akan terbawa hingga besar, dan dampaknya tidak hanya melestarikan tetapi juga mengembangkan musik tersebut," lanjut Anies.

-

Arsip Blog

Recent Posts