Hari Jadi Bengkalis ke 504, Nik Mansour Penggiat Seni Budayawan Melayu Champa Dinegara Vietnam Hadir

Bengkalis, Riau - Pelangi Negeri Junjungan dalam rangka Hari Jadi ke-504 Bengkalis pada malam ke tiga diisi dengan penampilan seni budaya Melayu. Berbagai seni budaya melayu ditampilkan pada Rabu (3/8/16) malam, dipusatkan di pentas Lapangan Tugu Bengkalis.

Dari pantauan dilapangan, seni budaya melayu yang ditampilkan tersebut, seperti, Kompang, lagu-lagu melayu, Zapin dan banyak lagi.

Sementara Farhan sang juara I Langgam Melayu yang juga merupakan Qori Kabupaten Bengkalis pada saat itu tampil perdana. Dengan melafaskan sebait pantun dan langgam malayu.

Selanjutnya, sanggar Lestari pimpinan Topo dari Desa Muntai Kecamatan Bantan juga mempersembahkan tarian zapin tradisional yang diiringi musik sanggar Batin Sembilan Desa Meskom pimpinan Zaini.

Mimi dan atraksi silat serta gendang panjang musik nafiri dari sanggar Kempas Lima pimpinan Ahmad alias Ayang Kecamatan Bantan. Juga ada penampilan juara I FLS2N Kabupaten Bengkalis dengan tari Menapis Gerak dari SDN 1 Bengkalis yang dibawakan dengan indahnya lima pelajar sekolah dasar.

Acara Pelangi Negeri Junjungan menjadi istimewa karena turut menghibur masyarakat Bengkalis oleh seorang Nik Mansour penggiat seni budaya Melayu Champa dinegara Vietnam. Lagu pertama yang dibawakan Mansour adalah lagu daerah Champ sedangkan lagu ke dua Laksamana Raja Di Laut yang dipopulerkan oleh Iyeth Bustami.

"Sejak kecik lagi saya tahu lagu ni. Saya sangat terkesan sampai di Bengkalis sebab masyarakatnya sangat baik. Saya rencana akan datang kembali disini untuk belajar Kompang disebauk dan Zapin di Meskom,"kata Nik Mansour dengan dialek Champanya.

Group Kompang Nurul Fajar Desa Sebauk juara II Festival Kompang di Pekanbaru beberapa bulan lalu sangat surprise sehingga tepuk tangan ribuan penonton beberapa menggema. Asral alias Yai sebagai guru kompang group ini, serta Ahmad adalah sang koreografer sangat gigih dalam menggalakkan kompang karena selama melatih koreografer ciptaannya harus menempuh jarak belasan kilometer.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pendukung acara pada malam ini. Semoga penonton terhibur dengan penampilan seni budaya Melayu yang telah dipersembahkan oleh penggiat seni yang telah memiliki prestasi baik ditingkat Kabupaten Bengkalis, Provinsi, maupun di tingkat nasional," kata Musrial Mustafa.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign