Indahnya Kebersamaan, Tari Kolaborasi Melayu-China Buka Festival di Babel

Pangkalpinang, Babel - Festival Serumpun Sebalai yang diselenggarakan oleh Pemprov Bangka Belitung (Babel) dibuka dengan penampilan tari kolosal menarik. Tarian ini menggambarkan harmonisasi kehidupan masyarakat Babel meski terdapat perbedaan etnis.

Masyarakat Bangka Belitung memang didominasi 2 etnis yakni Melayu dan China. Dalam sejarahnya di Babel, meski berbeda keyakinan dan budaya, kedua suku ini selalu hidup dengan damai dan selalu menjaga toleransi.

Tari kolosal yang bertajuk 'Harmoni 2 Etnis' ini diawali dengan penampilan para penari pria berpakaian adat Melayu warna hijau. Kemudian disusul para penari wanita berpakaian China merah-merah. Mereka mengenakan hiasan lampion di atas kepala yang memperkuat ciri khas budaya China.

Tak lama kemudian, para penari wanita berpakaian adat Babel juga bergabung di depan panggung. Kali ini, mereka mengenakan dulang di atas kepala. Dulang dalam bahasa Bangka berarti nampan. Dulang berwarna merah-kuning ini biasa digunakan dalam tradisi Nganggung, yakni makan bersama dalam satu nampan. Tradisi tersebut adalah wujud pengungkapan syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa.

Penampilan para penari yang terdiri dari siswa-siswi SMP, SMA dan SMK di Babel ini sungguh apik. Mereka tampak kompak dan luwes dalam membawakan tarian kolaborasi tersebut. Ratusan penonton yang menyaksikan acara ini memberikan tepuk tangan meriah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah untuk para pemenang festival sebelumnya yang diselenggarakan di tingkat provinsi. Pemenang utama akan menjadi peserta dalam Festival Pesona Serumpun Sebalai ini. Gubernur Babel Rustam Effendi lantas membuka festival tahunan itu dengan penabuhan gong sebanyak 3 kali.

"Di samping sebagai apresiasi seni budaya, festival ini juga kami selenggarakan dalam rangka menjalin silaturahim dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia. Semoga anda semua menikmati pertunjukan kesenian ini," ujar Rustam dalam pembukaan Festival Pesona Serumpun Sebalai di Alun-alun Taman Merdeka, Jl Merdeka, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Sabtu (23/7/2016) malam.

Hadir juga dalam acara ini Walikota Pangkalpinang M Irwansyah, Kadisbudpar Babel Tajudin dan para pejabat Pemprov Babel serta Pemkot Pangkalpinang lainnya. Ada 7 provinsi yang turut bergabung dalam festival kali ini yaitu Riau, Banten, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah dan Bangka Belitung sebagai tuan rumah. Festival ini akan diadakan hingga tanggal 26 Juli mendatang dengan berbagai penampilan seni dari masing-masing daerah.

"Selamat datang para peserta semuanya, semoga dapat menikmati Kota Pangkalpinang," ujar Irwansyah dalam kesempatan tersebut.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign