Musik Aceh Sudah Masuk Level Dunia

Jakarta - Menteri Pariwisata, Arif Yahya, mengatakan musik Aceh sudah masuk kelas dunia. Ia mencontohkan rangkaian pertunjukan musik yang dipersembahkan oleh Rafly dan kelompoknya Kande ke sejumlah negara Eropa. Menteri Arif Yahya mengatakan hal tersebut saat meluncurkan Festival Rapai Aceh Internasional di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (4/8) malam.

“Aceh sudah masuk dalam level musik kelas dunia,” katanya, seraya memperlihatkan video promosi pariwisata Indonesia di chanel televisi internasional yang menggunakan lagu latar dari Rafly Kande.

Sekda Aceh, Dermawan melaporka, festival rapai internasional itu selain diikuti peserta dalam negeri juga dihadiri peserta dari Cina, Iran, India, Singapura. “Ini merupakan peristiwa penting dalam memperkenalkan khasanah seni budaya Aceh,” kata Dermawan.

Festival Rapai internasional akan diselenggarakan di Banda Aceh 26-30 Agustus. Kepala Dinas Pariwisata Aceh Reza Fahlevi menyebutkan, festival ini bentuk apresiasi terhadap seni tradisi Aceh. “Rapai salah satu alat musik terpenting di Aceh,” katanya.

Peluncuran Festival Rapai Aceh Internasional dimeriahkan dengan pertunjukan musik Rafly, Tari Seudati, Rapai Geleng dan Tari Guel dari Bener Meriah yang dipadukan dengan pembacaan puisi. Dua mantan gubernur Aceh, Syamsuddin Mahmud dan Azwar Abubakar tampak hadir pada acara tersebut.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign