Pemkab Inhil Dukung Pelestarian Seni dan Budaya

Tembilahan, Riau - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) mendukung upaya pelestarian tradisi seni dan budaya melalui penampilan di setiap kegiatan masyarakat dan pemerintah.

"Kita harus mendukung kegiatan pelestarian tradisi seni dan budaya yang ditampikan pada setiap adanya iven masyarakat dan pemerintah," ungkap Bupati Inhil, HM Wardan, saat menghadiri penabalan penghulu adat Melayu se Kecamatan Mandah.

Diterangkan, sangat banyak tradisi seni dan budaya serta kekhasan kuliner di daerah-daerah yang harus dijaga dan diperkenalkan kepada masyarakat pada setiap kegiatan seperti pameran, MTQ dan kegiatan lainnya.

"Seperti di Kecamatan Mandah yang masih dilestarikan tradisi seni Berdah, termasuk kuliner khas Melayu. Semua ini harus dilestarikan dan diperkenalkan kepada masyarakat dan menjadi potensi daerah di bidang wisata budaya dan kuliner," ujarnya.

Camat Mandah, Umar Hamdi menyatakan, sampai saat masih cukup banyak tradisi seni dan budaya serta kuliner khas Melayu yang masih selalu ditampikan saat ada iven seperti pesta perkawinan, sunatan dan kegiatan hari besar keagamaan.

"Pada pembukaan MTQ Kecamatan Mandah lalu, ditampilkan kesenian tradisi Berdah sebagai bukti eksistensi tradisi ini di tengah masyarakat disini," ucap Umar.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign