Pesta Adat Tradisi Maddoja Bine Masyarakat Timusu di Soppeng

Soppeng, Sulsel - Tradisi yang menjadi budaya bagi petani yakni Maddoja Bine atau ritual sebelum menanam benih masih terjaga di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bahkan ritual yang biasanya dilakukan tersendiri, namun petani yang bermukim di Desa Timusu melakukan ritual tersebut secara bersama-sama dan dikemas dalam acara pesta adat di Lapangan Lagoci, Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Sulsel, Sabtu (13/8/2016).

Kekompakan warga nampak dengan berbondong-bondong membawa ragam makanan dan kue tradisional serta hasil bumi sebagai sajian dalam ritual tersebut. Adapula ritual lainnya yang mengiringi ritual Maddoja Bine di antaranya Mappadendang dan Massure’ yang menceritakan tentang Meong Palo KarellaE merupakan kisah yang juga terdapat dalam naskah La Galigo.

“Maddoja Bine merupakan ritual yang dilakukan sejak nenek moyang dahulu dan dilakukan secara turun temurun sampai sekarang,” kata salah satu tokoh masyarakat Desa Timusu, Muhammadiah.

“Rutin dilakukan sebelum menanam di sawah, agar padi tumbuh subur dan kelak hasil panen melimpah dan berhasil,” tambah Muhammadiah.

Ritual tersebut semakin meriah karena juga dilakukan sebagai rangkaian dalam pembukaan malam kesenian dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 71. Para kepala dusun dan tokoh adat serta ribuan warga timusu memadati lapangan lagoci untuk menyaksikan kegiatan itu.

Kepala Desa Timusu Firdaus mengungkapkan bahwa kemeriahan malam itu merupakan wujud kebersamaan dan kekompakan warga Timusu yang mayoritas petani.

“Kemeriahan HUT RI tahun ini berbeda karena ada pesta adat dan pesta rakyat yang merupakan partisipasi warga, pesta adat ini wujud kearifan lokal dan kami akan jadikan agenda tahunan karena juga sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Soppeng,” tutur Firdaus.

Selain pesta adat dan malam kesenian yang dilakukan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 71, juga akan digelar olahraga unik yaitu sepakbola yang dilakukan oleh orang tua berumur 40 tahun keatas dengan menggunakan sarung.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign