Puluhan Grup Seni Ramaikan Parade Budaya Banjarnegara

Banjarnegara, Jateng - Kamis (11/8) kemarin, Jalan Dipayuda terlihat tidak seperti biasanya. Puluhan grup seni dari 20 kecamatan unjuk gigi dalam rangka HUT RI Ke- 71 serta Hari Jadi Ke-185 Kabupaten Banjarnegara.

Setiap penampilan yang menyuguhkan kesenian tradisional itu membuat ratusan pononton terus memadati komplek alun-alun Banjarnegara. Salah satunya kesenian Penjor yang ditampilkan siswa SMPN 1 Banjanegara.

“Ada 24 group kesenian dari semua kecamatan. Mereka teridir dari kalangan pelajar, kelompok kesenian kecamatan, dan masyarakat umum,” ujar kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto.

Suryanto mengatakan, gelar parade budaya merupakan wujud apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap budaya lokal untuk mendukung pengembangan budaya nasional.

Selain itu, Parade Budaya ini juga sekaligus untuk menggali kembali budaya lokal yang mulai hilang dari masyarakat. “Gelar parade budaya ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa kebanggaan dan cinta budaya sendiri. Selain itu juga menciptakan media apresiasi dan wahana untuk berkreasi,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk memberikan apresiasi, semua peserta parade mendapatkan penilaian dari juri profesional dan independen untuk memilih 6 peserta dengan penampilan terbaik . “Enam peserta terbaik mendapatkan penghargaan berupa piala, piagam dan uang pembinaan,” tambah Dwi Suryanto.

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo juga mengatakan bulan Agustus tahun ini merupakan bulan seni budaya yang ada di Banjarnegara. Parade budaya merupakan kegiatan budaya kedua setelah rangkaian kegiatan Dieng Cultur Festival awal agustus kemarin, puncaknya adalah pemotongan rambut gembel.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign