Ribuan Masyarakat Padati Pembukaan MTQ ke-46 Kabupaten Inhu

Inhu, Riau - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto membuka secara resmi gelaran Musabaqah Tilawatir Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Inhu ke-46 di Desa Seresam, Kecamatan Seberida, Minggu (21/8) malam. Pembukaan MTQ ini berlangsung meriah dan dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai penjuru wilayah Kabupaten Inhu.

Bahkan sejak pelaksanaan pawai taaruf, Minggu (21/8) pagi, antusiasme masyarakat sudah terlihat sekaligus menjadi pertanda bahwa masyarakat sangat mendukung pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Inhu tahun 2016. Pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Inhu ke-46 ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto.

Saat tiba dilokasi, Bupati Inhu H Yopi Arianto disambut penampilan rebana dari 271 ibu-ibu anggota Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) serta 55 orang anggota shalawat Kecamatan Seberida. Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan penampilan tari kolosal bertajuk Rampak Melayu Bersatu yang dibawakan 135 siswi SMAN 1 Seberida.

Tari Rampak Melayu Bersatu ini merupakan wujud kehidupan masyarakat Melayu Inhu yang memegang erat prinsip persatuan dan kesatua sekaligus mengandung nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan tuhan, diri sendiri serta kebangsaan.

Selain itu, pada acara pembukaan MTQ ini juga dilakukan penandatangan MoU dalam rangka penyerahan bantuan program Coorporate Social Responsibility (CSR) antara Bupai Inhu dengan BNI yang diwakilkan PGS CEO BNI Wilayah Padang Edi Suradi. Bantuan itu terdiri dari pembangunan mushallah di RSUD Indrasari Rengat serta pelaksanaan operasi katarak dan bibir sumbing bagi warga kurang mampu senilai Rp 500 juta.

Pada kesempatan itu, Bupati H Yopi Arianto juga menyerahkan bantuan beasiswa bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Inhu untuk 616 siswa SD senilai Rp 300 ribu per orang, 441 siswa SMP sederajat senilai Rp 350 ribu per orang serta beasiswa untuk 252 siswa SMA sederajat senilai Rp 500 ribu per orang.

Camat Seberida Triyatno dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Inhu yang telah mempercayakan Desa Seresam, Kecamatan Seberida sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Inhu ke-46 tahun 2016. MTQ ini diikuti diikuti 353 kafilah yang terdiri dari 199 putra dan 154 putri.

Sedangkan cabang yang dilombakan terdiri dari cabang Tilawah, Syarhil Quran, Fahmil Quran, MMQ, Khottil Quran, Tafsir Quran dan Tahfidz Quran.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada panitia dan seluruh masyarakat Desa Seresam dan Kecamatan Seberida yang telah bekerja keras melaksanakan tugas dan tanggungjawab mensukseskan MTQ tingkat Kabupaten Inhu ke 46.

Bupati berharap, kemeriahan serta antusiasme masyarakat terhadap MTQ benar-benar mencerminkan kecintaan terhadap Islam dan Alquran, sekaligus menjadikan Alquran sebagai nafas dan pedoman hidup.

Selain itu, MTQ yang telah membudaya dan menjadi bagian penting dari masyarakat harus mampu membumikan Alquran sehingga lebih mudah dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat serta menjadi gambaran sesungguhnya tentang nilai-nilai Islam yang toleran, moderat dan egaliter.

Pada kesempatan itu, Bupati H Yopi Arianto juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan masyarakat kepadanya. Ia bersama Wakil Bupati Inhu akan mendedikasikan semua kemampuan serta pengalaman yang dimiliki untuk kemajuan pembangunan Inhu yang lebih sejahtera.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign