Ribuan Siswa Ikut Lomba Karnaval di Banda Aceh

Banda Aceh, NAD - Ribuan peserta yang terdiri atas pelajar, pegawai pemerintahan, dan perwakilan instansi swasta, Kamis (18/8) mengikuti lomba pawai budaya dan karnaval mobil hias, dengan mengambil garis start dan finish di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh.

Para peserta pawai itu dilepas Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal. Sedangkan rute yang ditempuh pseerta yaitu, dari Blangpadang ke Pendapa Gubernur, Masjid Raya Baiturrahman, ke Simpang Lima, Peunayong, Keudah, Pasar Aceh dan kembali ke Blangpadang. Sedangkan karnaval mobil hias melewati rute Pendapa Gubernur, Masjid Raya Baiturahman, Simpang Lima, Simpang Jambo Tape, Simpang Mesra dan kembali lagi ke Blangpadang dengan rute yang sama.

Menurut panitia, sebanyak 4.700 peserta berpartisipasi dalam pawai budaya. Mereka merupakan pelajar mulai tingkat SD/MI hingga SMA/MA, serta instansi pemerintah, TNI, Polri, dan sejumlah komunitas yang ada di Banda Aceh. Selain itu, karnaval mobil hias diikuti oleh 80 kendaraan, sebagian kendaraan dihiasi berbentuk rumah adat yang ada di Indonesia.

Sementara di Kota Sabang pawai memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis kemarin juga diikuti ribuan siswa dari berbagai jenjang pendidikan di Sabang. Pawai itu dilepas oleh Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam di depan pendapa di Jalan Ponegoro.

Bersamaan dengan penglepasan peserta pawai itu Forkopimda Sabang juga melepas lebih kurang 1.000 ekor burung dalam rangka pelestarian alam. Dalam acara itu dihadiri Sekdako Sofyan Adam SH, Ketua Pengadilan Negeri Sabang, Noor Ichwan Iclas Ria Adha SH, Dandim 0112 Letkol Inf Parsaoran Sirait, Kepala Rutan kelas II B Sabang, Tri Budi H, serta sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Pawai budaya itu mengambil rute dengan mengitari Jalan Tektok-Jalan Perdagangan-Jalan Teuku Umar, Rumah Sakit Umum dan finish Sabang Fair. Selain mengenakan pakaian adat dan beragam lainnya. Sejumlah siswa lainnya juga terlihat mengenakan pakaian ala pejuang kemerdekaan, loreng tentara, polisi, dan dokter.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign