Seni-Budaya Pantura Harus Jadi Potensi Ekonomi Kreatif

Cirebon, Jabar - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat menginginkan kolaborasi antara budaya Pasundan dan luar negeri menjadi potensi pariwisata yang baru.

Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Ridho Budiman mengatakan, daerah Pantura memiliki potensi pariwisata yang besar dan harus dimaksimalkan agar menjadi nilai ekonomi.

"Sesuai dengan instruksi yang disitir Pak Wakil Gubernur, bahwa ekonomi pertanian, teknologi informasi, dan seni-budaya masuk ke dalam sektor ekonomi kreatif," kata Ridho kepada wartawan di Goa Sanyaragi, Cirebon, kemarin.

Sektor seni-budaya, kata Ridho selain harus menjadi khazanah kekayaan budaya Jawa Barat juga harus menjadi potensi pariwisata bagi wilayahnya.

Jika potensi pariwisata tersebut dapat dimunculkan, maka yang akan mendapatkan untung adalah masyarakat sekitar dan juga pemerintahnya.

"Seni-budaya kalau bisa diubah menjadi potensi pariwisata maka akan menjadi potensi ekonomi kreatif yang bermanfaat," kata Ridho.

"Ini terbukti dengan berhasilnya kolaborasi antara seni-budaya Pantura dengan budaya barat. Selain menambah khazanah juga harus menjadi potensi ekonomi," pungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign