Seru, Beragam Acara Masyarakat Adat Digelar di Museum Nasional

Jakarta - Kini Anda dapat melihat pertujukan seni budaya dan membeli kerajinan tangan masyarakat adat asli Indonesia di Jakarta. Dalam rangka Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengadakan berbagai rangkaian acara menarik di Museum Nasional, Jakarta sampai 9 Agustus 2016.

"Ada pawai budaya dari Bundaran HI hari Minggu (7/8) kemarin, workshop, pameran fotografi dan karya seniman kontemporer, bazar kerajinan tangan dan produk masyarakat adat, kuliner dan permainan tradisonal, pemutaran film, juga pertunjukan musik," kata Annas Radin Syarif, Ketua Panitia acara Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia kepada KompasTravel, Senin (8/8/2017).

Tujuan acara ini menurut Annas adalah memperkenalkan ke warga Jakarta tentang kondisi masyarakat adat di Indonesia, juga tentang kekayaan budayanya. Dari pantauan KompasTravel, pengunjung dapat menemukan berbagai hal menarik di acara ini. Misalnya dalam pemutaran film tentang masyarakat adat, penonton dapat bertanya langsung mengenai permasalahan masyarakat adat kepada para perwakilan daerah.

Pengunjung juga dapat ikut serta dalam workshop pembuatan kerajinan tangan seperti kain tenun, atau sablon baju yang berisi protes masyarakat daerah. Tak dipungut biaya untuk hadir di acara Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia. Acara dibuka dari pukul 09.00-17.00 WIB, dilanjutkan dengan panggung musik dari masyarakat adat setelah pukul 18.00 WIB.

Anda bisa naik angkutan umum untuk menuju Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat No 12, Jakarta Pusat. Naiklah TransJakarta koridor 1 (Blok M-Kota) dan berhenti di halte Monumen Nasional. Gedung Museum Nasional berada di depan persis halte Monumen Nasional.

-

Arsip Blog

Recent Posts