Solok Selatan Siap Helat Rang Solsel Baralek Gadang

Solsel, Sumbar - Pemerintah Solok Selatan (Solsel) telah siap dalam pelaksanaan festival akbar bertema ‘Rang Solsel Baralek Gadang pada tanggal 3 hing­ga 17 Agustus 2016 men­datang. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Budaya Pari­wisata dan Pemuda Olahraga Solsel, Doni Hendra kepada awak media, Minggu, (24/7).

Menurutnya, kesiapan pemkab Solsel tidak saja dalam rangkaian acara tapi juga dalam menyambut tamu atau wisatawan domestik maupun mancanegara. “Kita telah siap untuk pelaksanaan iven akbar tersebut. Semua kesiapan berkat dukungan penuh pmpinan daerah dan seluruh pihak. Apalagi du­kungan dari para perantau Solsel,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pembu­kaan festival juga diime­riahkan oleh artis Elsa Pitalo­ka. “Kendati kita batal dalam perhelatan Tour de Sing­karak. Namun, berkat do­rongan para perantau dan seluruh masyarakat kita tetap melaksanakan iven besar,” katanya.

Dalam rangkaian festival tersebut juga dilakukan pem­berian rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) kepada Bupati Solsel, Muzni Zakaria untuk tiga kategori yaitu, lomba memasak Pangek Pi­sang terbanyak, Rumah Ga­dang Panjang Abai dan rekor MURI kawasan Saribu Ru­mah Gadang. “Hal itu ter­wujud berkat kerja sama dengan PKK, Dekrasnada, GOW dan Dhama Wanita Solsel,” sebutya.

Adapun rangkaian acara adalah, Pada 3 Agustus, Pa­wai Budaya 3 dengan lokasi dihalaman kantor Bupati dan Grand final uda uni Solsel. Pada 7 Agustus Funbike di RTH Muara Labuh, pada 8-9 Agustus Arung Jeram di Pulau Mutiara Sangir. Pada 10 Agustus Funbike ke dua di Kantor Bupati. Pada 11 Agus­tus lomba lagu Minang Solsel. Pada 12 Agustus, lomba Kuliner khas Solsel. Pada 11-12 Agustus pameran produk unggulan Sol­sel. Pada 13 Agustus lomba Pidato Adat di kawasan Saribu Ru­mah Gadang.

Dan pada 14 Agustus dilakukan Silat Tradisional di Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari. Untuk Randai dilaksanakan pada 15 Agus­tus di RTH Muara Labuh dan 17 Agustus malam resepsi dan penutupan di Aula Kan­tor Bupati.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign