Beragam Acara Seni Budaya dalam Festival Lovina 2016

Denpasar, Bali - Pada 10-14 September 2016 ini, Bali akan menggelar acara bertajuk Festival Lovina. Tahun ini, tema yang dipilih adalah "Hidden Of Buleleng" atau sesuatu hal yang tersembunyi dari Buleleng serta akan mengangkat tema peran mantan Raja Buleleng yang juga sastrawan, Anak Agung Nyoman Panji Tisna, sebagai pendiri Lovina yang dilupakan karena masuk Kristen dan meninggalkan Hindu.

"Festival digelar bertepatan dengan Wonderful Indonesia dan Sail Indonesia 2016," ujar , I Nyoman Sutrisna, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buleleng, kepada Antara News Bali.

Dalama acara ini, pihak Disbudpar melibatkan beberapa desa yang ada di kawasan Lovina, seperti Desa Pakraman Banyualit, Kalibukbuk, Tukadmungga, dan Temukus.

Berikut ini rangkaian acara Festival Lovina dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng.

Hari pertama Festival Lovina dibuka dengan acara bersih-bersih di Pantai Binaria Lovina, pameran kerajinan, kunjungan konservasi sekaligus penanaman terumbu karang, pelepasan ikan dan tukik, parade laut, parade budaya, seminar pembangunan pariwisata berbasis budaya, dan pameran kuliner.

Pada hari kedua, ada yoga asana health and beauty, tur sepeda, pameran kerajinan dan kuliner, penampilan tari dari Sanggar Munduk Moding Plantation, joged bumbung, sampi gerumbungan, dan wisata bahari di Spice Beach Club.

Lalu, hari ketiga akan ada kegiatan bersih-bersih pantai, gong kebyar wanita kalubukbuk, bondres Sanggar Sunari Bajra, dan penampilan dari band Lokananta. Lalu, hari keempat akan diramaikan oleh gender wayang anak-anak, parade megangsing, dan angklung kebyar Desa Anturan.

Hari kelima yang merupakan hari terakhir akan diisi dengan acara pengelolaan lumba-lumba, Lovina BMX Free Style dan Lovina Xtreme Rider. Ada juga acara penutupan seperti tari selat segara, sekapur sirih dari Ketua Yayasan Cinta Bahari, dan pemukulan gong sebagai tanda Festival Lovina tahun ini berakhir.

Pada saat yang sama, Festival Lovina akan kedatangan 40 yacht dari 20 negara dalam pergelaran Sail Indonesia 2016. "Lovina Festival bersamaan dengan Sail Indonesia jadi tergabung dalam satu rangkaian," kata I Nyoman Sutrisna, dikutip Republika.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign