Budaya Cirebon Curi Perhatian Wisatawan di Santorini

London, Inggris - Kesenian Cirebon yang dibawakan kelompok seni Yayasan Prima Ardian Tana dari Cirebon yang menampilkan tiga tarian yaitu Nyimas Gandasari, Topeng Kelana, dan Tayuban serta pertunjukan Sintren berhasil mencuri perhatian wisatawan mancanegara di kota wisata Yunani, Santorini.

KBRI Athena bekerja sama dengan Municipality of Thira, Santorini, untuk pertama kalinya, menggelar malam budaya Indonesia di salah satu kawasan wisata utama Santorini, Metropolis Fira tersebut.

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Athena John Admiral mengatakan, pagelaran budaya Indonesia dihadiri Vice Mayor Thira Santorini, Markos Kafouros, bersama ratusan wisatawan mancanegara dan masyarakat kota Thira yang menyaksikan penampilan tarian dan budaya Cirebon.

Pagelaran diawali dengan alunan musik tradisional Cirebon dan diikuti rangkaian tarian tepat pada pukul 20.00 setelah matahari terbenam. Alunan musik yang menarik dan gerakan tarian yang dinamis mencuri perhatian wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Metropolis Fira.

Wisatawan yang awalnya bertujuan menikmati keindahan terbenamnya matahari di kawasan tersebut dan biasanya meninggalkan lokasi setelah matahari terbenam, tertarik menyaksikan rangkaian pertunjukan serta ikut menari bersama artis Yayasan Prima Ardian Tana.

Dikatakan kawasan Metropolis Fira adalah salah satu tujuan utama wisatawan di Santorini karena keindahan pemandangan birunya laut dan caldera terutama saat senja. Di kawasan ini banyak terdapat restaurant, pusat perbelanjaan, hotel dan the Orthodox Metropolitan Church of Santorini sehingga perizinan untuk menggelar pertunjukan di kawasan ini sangat ketat.

Santorini sangat strategis sebagai tempat promosi budaya Indonesia mengingat Santorini adalah salah satu tempat tujuan utama wisatawan dunia yang dikunjungi lebih dari tiga juta wisatawan setiap tahun.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign