Disbudpar Sleman Gelar Pelangi Budaya Bumi Merapi

Sleman, DIY - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman akan menggelar Pelangi Budaya Bumi Merapi, 23-25 September 2016. Event tersebut menghadirkan karnaval dan gelar potensi seni budaya.

Kepala Disbudpar Sleman AA Ayu Laksmi Dewi mengatakan, potensi seni dan budaya di kawasan Bumi Merapi semakin berkembang. Hal itu merupakan bagian dari harmoni kehidupan masyatakat. “Perkembangan seni dan budaya di Merapi patut dieksplore sebagai daya tarik kepariwisataan. Kami berharap event tersebut bisa mendatangkan jumlah kunjungan wisatawan,” kata Ayu, Jumat (16/92016).

Pelangi Budaya Bumi Merapi dipusatkan di Lapangan Denggung. Event pada 23 September menghadirkan kirab festival potensi kesenian unggulan dari 17 kecamatan. Adapun pada 24 September digelar Festival Bregada Prajurit Radisiopnal dan pentas seni unggulan. Puncak kegiatan karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi pada 25 September.

Ayu mengatakan, karnaval puncak akan diikuti sekitar 50 kontingen seni dan budaya, 10 kontingren museum, dan 7 kontingen perwakilan luar daerah. Di antaranya dari Riau, Lampung, Papua, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, dan juga Bali. Selain itu juga diramaikan dengan pertunjukan teatrikal, parade upacara adat dan merti desa, maupun festival batik. “Nanti juga akan ada pertunjukan tayub massal dengan 40 orang penari putri yang atraktif,” kata dia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign